Sukses

Entertainment

Sinergi Etnik dan Elektronik Eka Gustiwana Lahirkan Sounds of Java

Fimela.com, Jakarta Indonesia tak hanya dikenal kaya akan keindahan alam, tapi juga budayanya. Musik merupakan salah satu bentuk budaya yang terus menerus berkembang, seiring bergantinya generasi dan peristiwa-peristiwa sosial.

Sayangnya potensi besar yang dimiliki musik tradisional Indonesia masih kurang begitu dilirik, terutama di kalangan anak muda. Dari situlah komposer berbakat Eka Gustiwana menggagas album bertajuk Sounds of Java

Album ini secara garis besar berusaha mengawinkan musik tradisional, khususnya Jawa dengan bebunyian elektronik yang modern. Di sini ia berkolaborasi dengan Prince Husein dan para musisi daerah yang terlibat langsung.

Proses penggodokan album ini pun tak kalah istimewa, di mana Eka, Husein dan kru bertualang selama 20 hari keliling Pulau Jawa. Dalam perjalanan seru tersebut, Eka dan Prince Husein menjalin komunikasi melalui musik dengan lebih dari 10 musisi lokal.

Perjalanan album ini pun dihadapkan dengan berbagai keseruan dan tantangan. Di satu sisi mereka ditantang untuk menonjolkan musik daerah, dan di saat yang sama mencoba menyinergikannya sehingga lebih mudah dinikmati generasi jaman sekarang.

"Kita perjalanan darat keliling Pulau Jawa, menemui para musisi lokal. Jadi kita diskusi terus kami rekam langsung mereka bermain instrumennya. Tantangannya menyamakan frekuensi, karena instrumen Jawa kan nadanya unik jadi gimana ngemasnya yang pas aja," ujar Eka Gustiwana belum lama ini.

Lagu Tersimpan Di Hati jadi single andalan sebagai gerbang menuju album Sounds of Java. Dirilis pada 1 Juni 2018, lagu ini menyita perhatian generasi muda dengan 4 juta kali putar.

Suguhan musik yang megah nan harmonis tersebut makin sempurna dengan video klip yang disajikan. Eka Gustiwana dan Prince Husein berharap karya mereka mampu membangkitkan lagi kecintaan anak muda terhadap musik tradisional. "Semoga ke depan kita jelajahi pulau-pulau lain di Indonesia," pungkas Prince Husein.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading