Sukses

Entertainment

Ganti Vokalis, 5 Band Indonesia Ini Justru Makin Sukses

Fimela.com, Jakarta Vokalis memegang peranan vital dalam sebuah grup musik atau band. Selain dituntut punya karakter vokal, mereka juga bertugas untuk menjadi frontman yang menjaga kelangsungan live performance di atas panggung.

Biasanya sosok vokalis jadi yang paling dikenal karena mendapat spotlight lebih. Namun bagaimana jadinya jika sosok penting tersebut suatu saat harus hengkang dari bandnya?

Beberapa band tampak kesulitan bertahan, karier mereka tak mampu lagi terdongkrak. Namun rupanya ada juga yang justru lebih sukses setelah mengalami pergantian di sektor vokal.

Berikut sejumlah band Indonesia yang makin sukses setelah berganti vokalis. Semoga mereka terus bertahan di blantika musik tanah air.

ADA Band

ADA Band mengawali kariernya dengan formasi Krisna, E'el, Baim, Eddy, dan Dika. Saat itu mereka mengusung musik yang lebih rock dengan Baim sebagai vokalis.

Namun pada 2001 Baim menyatakan keluar dan posisi vokal diisi oleh Donnie Sibarani. Pergantian vokalis membuat warna ADA Band turut berubah. Lagu-lagu mereka menjadi lebih banyak ballad dan pop romantis yang ternyata banyak disukai penikmat musik. 

Sayangnya pada 2017 lalu Donnie mengumumkan mundur dari ADA Band, dan cukup sulit tergantikan sampai saat ini.

Dewa 19

Nama berikutnya tentu sudah tidak asing di kalangan pecinta musik, terutama generasi 90an. Dewa 19 meraih masa jaya di akhir 90 bersama Ari Lasso sebagai vokalis mereka.

Karena satu dan lain hal, Ari akhirnya keluar. Saat itu banyak yang menganggap karier Dewa akan tamat. Ahmad Dhani akhirnya menemukan Once yang sukses tak hanya menyelamatkan Dewa, tapi juga membawanya lebh jauh lagi.

HiVi

Grup musik HiVi dan menjadi idola di kalangan remaja berkat lagu-lagunya yang romantis dan easy listening. Selain itu konsep dua vokalis juga membuat mereka berbeda dari grup lain.

Di tengah perjalanan, Dea vokalis mereka menyatakan mundur. HiVi kemudian mencari pengganti hingga menemukan sosok Neida. Sama-sama punya karakter, Neida berhasil mengisi posisi Dea dengan baik. Lagu-lagu HiVi terbukti makin dicintai sampai saat ini.

Seventeen

Sebelumnya mungkin tak banyak yang tahu jika Ifan bukanlah vokalis pertama Seventeen. Ifan baru masuk pada tahun 2008 dan merilis Selalu Mengalah sebagai debutnya.

Karakter suara Ifan sangat membekas di telinga para pendengar. Lagu-lagu Seventeen pun dikenang sebagai bagian dari rekam jejak mereka di industri musik.

KOTAK

Terakhir ada KOTAK, band asal Jakarta yang lahir dari ajang kompetisi di televisi. Formasi yang ada sekarang telah berubah drastis dari formasi awal mereka di kompetisi.

KOTAK sempat diperkuat 4 personel dengan Cella, Ichez, Posan dan Pare. Saat Tantri masuk sebagai vokalis pengganti KOTAK justru mendapat respon baik dari masyarakat. Dengan mempertahankan tiga personel, KOTAK berharap Kerabat KOTAK jadi pelengkap mereka.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading