Sukses

News & Entertainment

6 Idol Populer dan Berbakat Alumni SOPA, Siapa Favoritmu?

Fimela.com, Jakarta Perjuangan menjadi seorang idol K-Pop ditempuh melalui banyak cara. Ada yang 'menjual' hidupnya sebagai trainee di usia awal belasan, ada juga yang sudah berbekal talenta sehingga mereka tak kesulitan menghadapi persaingan.

Cukup banyak kisah para idol yang mengikuti sekolah bakat, grup dance jalanan ataupun pendidikan formal. Di Korea Selatan sendiri, School of Performing Arts (SOPA) Seoul merupakan salah satu gudang pencetak para bintang.

Dari sini agensi-agensi menjaring talenta untuk dididik sebagai seorang seniman. Sekolah tingkat menengah atas ini telah meluluskan berbagai nama besar yang kini mengemban misi membuat K-Pop mendunia.

Tentunya kamu tidak asing dengan nama-nama idol berikut ini. Mereka adalah lulusan SOPA di angkatan berbeda-beda, siapa yang jadi favoritmu?

Bae Suzy

Dijuluki sebagai salah satu ratu di drama Korea, kecantikan Bae Suzy diimbangi dengan bakat hebat. Meski debut sebagai member grup miss A, karier individunya justru menuai sukses lebih. Suzy merupakan alumni tahun 2013.

Sehun EXO

Sama seperti Suzy, Oh Sehun juga merupakan lulusan SOPA pada tahun 2013. Idol yang satu ini dikenal sebagai visual EXO yang diam-diam memiliki banyak teman. Salah satunya adalah Kang Daniel.

Joy Red Velvet

Bakat menyanyi dan akting sudah dimiliki Joy sejak usia muda. Ia menempuh pendidikan di SOPA dan lulus tahun 2015 yang lalu. Cukup menarik, ia lulus setahun setelah debut bersama grupnya, Red Velvet.

Naeun Apink

Bintang dari Apink, Son Naeun juga salah satu talenta yang lahir dan diasah di SOPA. Idol 25 tahun ini lulus di tahun yang sama dengan Sehun EXO serta Bae Suzy. Wah, generasi emas sepertinya ya.

Jungkook BTS

Berikutnya ada vokalis grup K-Pop terpopuler, BTS yang mengenyam pendidikan di SOPA. Dia adalah Jungkook yang baru lulus pendidikan pada tahun 2017. Terbukti kini kariernya bersama Bangtan Boys tak terbendung berkat bakat dan usaha keras yang dimilikinya.

Kai EXO

Terakhir ada nama Kai, dancer andalan EXO yang baru-baru ini putus dari Jennie BLACKPINK. Kai lulus pada tahun 2012, dan akhirnya memulai debutnya bersama EXO di tahun yang sama.

Terbukti nih alumni SOPA berhasil menuai sukses besar di industri K-Pop. Tertarik sekolah di sana?

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Grup Idol BTS Dicintai Fans Seluruh Dunia