Sukses

News & Entertainment

70 Talenta Muda Indonesia Belajar Langsung dari Pengajar Broadway

Fimela.com, Jakarta Demi menjaring talenta baru di Indonesia, Bakti Budaya Djarum Foundation melalui program Ruang Kreatif mempersembahkan “Indonesia Menuju Broadway” yang diperuntukan bagi para seniman-seniman muda berbakat di Indonesia. Bekerja sama dengan Passport to Broadway, New York, Indonesia Menuju Broadway merupakan sebuah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia.

Pendaftaran program Indonesia Menuju Broadway ini telah dibuka mulai 10 – 28 Januari 2019 dan diikuti 672 peserta. Jumlah tersebut kemudian terpilih sekitar 243 peserta yang mengikuti proses audisi bersama para juri yang berbakat dan berpengalaman di dunia seni pertunjukan, seperti Ari Tulang, Garin Nugroho, Andrea Miranda, dan Ufa Sofura.

Peserta yang mengikuti audisi sangat beragam, mulai dari pelajar, pekerja seni, lulusan ajang pencarian bakat, penyanyi yang sudah memiliki album, penari, hingga pemain film yang pernah masuk nominasi dan memenangkan Piala Citra. Audisi oleh para juri ini berhasil memilih 70 orang peserta yang berhak mengikuti program intensif bersama para pengajar dari StudentsLive - Passport to Broadway. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 20 - 24 Februari 2019 dan bertempat di Balai Resital Kertanegara, Jakarta.

“Ini merupakan kali pertama bagi StudentsLive, A Global Arts Education Company and Passport to Broadway Internasional bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation dalam program Indonesia Menuju Broadway, sebuah model program pelatihan Broadway Musical Theatre intensif yang akan melatih para seniman muda bercita-cita tinggi dari seluruh Indonesia dalam keterampilan dan pendidikan seni teater musikal. Dalam iklim global yang sulit dan terus berubah ini, StudentsLive - Passport to Broadway merasa terhormat dapat menjalin kerja sama dengan organisasi seperti Bakti Budaya Djarum Foundation dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi akan beragam budaya dan masyarakat seluruh dunia melalui pelatihan studi teater yang begitu universal,” ujar Amy Weinstein, Sutradara Artistik dari StudentsLive - Passport to Broadway.

Dalam 18 tahun terakhir, StudentsLive - Passport to Broadway telah menarik lebih dari 350.000 peserta dari beragam latar belakang budaya, etnis, dan sosial ekonomi yang berbeda. Mereka terus mendukung pembelajaran alternatif, ragam peluang lintas budaya dan interdisipliner yang diperuntukkan bagi penonton baru serta menciptakan, mengembangkan, mengelola, dan menerapkan kurikulum teater National Standard dan Broadway Educational Workshops and Materials untuk mendukung berbagai sekolah di seluruh dunia melalui pelatihan, perekrutan, dan pengorganisasian dari tim Broadway Artists and Professionals.

Program-program ini memungkinkan para pelajar maupun seniman generasi muda untuk menjadikan seni sebagai bagian utama kehidupan mereka dan mampu mengeksplorasi beragam seni, tidak hanya sebagai kegiatan tambahan atau hanya sebagai penonton di dalam sebuah pertunjukan broadway.

“Selama lima hari yang luar biasa, 70 peserta terpilih memiliki kesempatan eksklusif untuk berkolaborasi bersama tim broadway papan atas yang terdiri dari sutradara, direktur musik, koreografer, dan tim pendukung produksi dan panggung broadway. Dari pelatihan ini, akan dipilih 16 orang yang berkesempatan untuk diberangkatkan ke New York oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan mendapatkan pelatihan di broadway dari para spesialis teater musikal terbaik selama 5 hari pada Juli 2019,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Loading
Artikel Selanjutnya
Seniman Muda Indonesia Dapat Kesempatan Belajar di Broadway Ney York
Artikel Selanjutnya
Indonesia Menuju Broadway, Memoles Talenta Emas Tanah Air