Sukses

News & Entertainment

Legendaris, Ini 5 Group K-Pop Generasi Pertama yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Perkembangan industri K-Pop meningkat drastis, terutama 10 tahun terakhir. Mereka kini jadi identitas baru yang menjaring para penikmat musik di kawasan Asia, yang ternyata makin meluas ke benua lainnya.

Nama-nama seperti BTS, BigBang, EXO, SNSD atau TWICE telah membawa pengaruh besar terhadap pembentukan image K-Pop. Mereka jadi kiblat musik baru, dari yang dulunya masih dikuasai Amerika Serikat.

Namun sebelum nama-nama di atas jadi ikon musik K-Pop, sudah ada mereka yang lebih dulu merintis karier. Tahun 1992, grup K-Pop pertama lahir dan mulai mencari pola-pola yang terus berkembang.

Mereka adalah group K-Pop generasi pertama, yang berkarier di medio 1990an hingga tahun 2000. Berikut nama-nama populer para senior yang berjasa memperkenalkan K-Pop ke dunia.

Seo Taiji and Boys

Merekalah yang pertama kali dikenal sebagai group K-Pop. Meski konsep mereka lebih cenderung ke group hip hop, konsep yang mereka bawa akhirnya banyak digunakan dalam setiap group. Hampir selalu ada vokal, koreografi dan rap.

Seo Taiji merupakan mantan personel grup band heavy metal, yang mencoba bereksperimen dengan hip hop. Akhirnya mereka pun berhasil menuai sukses dan jadi founding father musik K-Pop.

DJ DOC

Tren musik hip hop masih terasa kuat di skena musik K-Pop saat itu. Salah satu yang cukup populer adalah DC DOC, yang dibentuk tahun 1994 dan masih bertahan hingga sekarang.

Sechs Kies

Memasuki tahun 1997 nama yang juga tak kalah tenar adalah Sech Kies. Boyband senior ini terdiri dari empat personel yakni  Eun Ji-won, Lee Jai-jin, Kim Jae-duck, dan Jang Su-won.

Meski bukan grup pertama, Sech Kies dianggap memulai kultur fandom di dunia K-Pop. Mereka meraih sukses besar dan jadi inspirasi lahirnya grup-grup besar lain.

S.E.S dan H.O.T

S.E.S menjadi girl group pertama yang dibentuk dan didebutkan oleh SM Entertainment. Saat debut, mereka pun bersaing ketat dengan boyband H.O.T yang juga debut di agensi yang sama.

Berawal dari sini, tradisi SM merilis tandem grup seperti SuJu dan SNSD jadi sesuatu yang menarik.

Shinhwa

Shinhwa juga menjadi grup angkatan pertama yang punya pengaruh kuat. Eric Mun dkk menjalani kontrak dengan SM Entertainment selama 5 tahun, sebelum mereka hengkang pada 2003. Mereka pun mulai bergabung dengan label lain, sampai akhirnya berdiri sendiri dengan membentuk Shinhwa Company.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Idol K-Pop Ini Ternyata Rajin Bersih-Bersih