Sukses

News & Entertainment

Jadi Penyanyi Dangdut, Atiqah Hasiholan Lakukan 4 Hal Berikut

Fimela.com, Jakarta Aktris peran Atiqah Hasiholan mendapat pengalaman baru saat terlibat dalam pementasan konser musikal Cinta Tak Pernah Sederhana. Selain membawanya kembali ke panggung teater, dalam pertunjukan yang diproduksi Titimangsa Foundation itu istri dari Rio Dewanto tersebut dituntut pula untuk bernyanyi serta bergoyang dangdut layaknya seorang biduan.

Saat awal ditawari untuk ambil bagian, ibu satu anak itu mengaku tidak tahu jika diharuskan bernyanyi dan bergoyang dangdut. Ia pun merasa dijebak oleh Happy Salma selaku penggagas lantaran belum memiliki pengalaman terkait hal tersebut sebelumnya.

 

"Jadi sebenernya pas awalnya aku nggak tau kalau aku disuruh main ini (konser musikal Cinta Tak Pernah Sederhana). Terus tiba-tiba ada satu part yang dikit, 'Tika kamu nyanyi ya di sini, bisa kan?'. Tiba-tiba pas udah latihan-latihan, ada part yang dangdut itu, aku harus nyanyi juga, jadi agak-agak dijebak sama teh Happy," ucapnya usai media preview di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).

"Aku udah bilang ama teh Happy, 'teh gimana nih kalau misalnya aku napasnya nggak kuat sampai akhir', terus dia bilang, 'kamu ini penyanyi dangdut yang di kampung, bukan yang profesional, anggap aja ini kamu udah nyanyi dari jam 7 malam dan sekarang kamu nyanyi jam 4 pagi. Kalau emang napasnya udah berantakan, cuek aja, enjoy aja'. Yaudah jadi pegangan aku itu, sikat aja lah," tambahnya kemudian.

Meski begitu, Atiqah Hasiholan sadar jika Happy Salma memberikan tantangan untuk dirinya bisa 'naik kelas'. Ia pun menyanggupi dengan melakukan 4 hal berikut.

 

2 dari 5 halaman

1. Rutin Latihan

Atiqah rutin menjalani latihan agar bisa tampil maksimal di atas panggung. "Latihan aja tiap hari. mungkin sekitar 3 minggu. Jadi belajar-belajar aja (cekngkok dangdut) sama narinya. harus kelihatan pedangdut yang bener-bener dari kumuh banget. Apalagi dengan ektras-ekstrasnya, penarinya udah heboh, jadi gimana ya caranya supaya gua nggak kalah heboh, jadi ya itu menyesuaikan satu sama lain," terang Atiqah Hasiholan.

 

3 dari 5 halaman

2. Cari Referensi

Tak hanya berlatih secara intensif, pemain film Toba Dreams itu juga mengambil referensi dari beberapa tokoh yang pernah ia bintangi di film layar lebar. Meski tak serupa, nyatanya hal tersebut berguna untuk mendalami perannya sebagai seorang biduan yang beraktifitas di malam hari.

"Kebetulan juga sempet beberapa kali waktu itu di film sama teater, bukan jadi pedangdut tapi perempuan di dunia malam, jadi aku mengambil referensi-referensi itu juga. Tapi kalau untuk dangdutnya itu sendiri emang khusus baru pertama kali ini, jadi ya nontonin dangdut-dangdut pantura lah segala macam," pungkas Atiqah Hasiholan.

 

4 dari 5 halaman

3. Nonton Dangdut

Demi menghayati karakternya di Konser Musikal Cinta Tak Pernah Sederhana, ibu satu anak itu mengaku menonton semua video dangdut yang ada di YouTube. "Aku tontonin semuanya sampai yang gila wah gila banget," tutur Atiqah Hasiholan.

 

5 dari 5 halaman

4. Ingin Bertemu Penyanyi Dangdut

Demi mendalami karakter, Atiqah Hasiholan berniat untuk bertemu salah satu penyanyi dangdut tanah air. Namun sepertinya, hal itu sulit untuk terwujud karena beberapa hal.

"Sebenarnya pengin banget tapi waktunya enggak sempat dan sedangkan juga harus fokus sama yang lain juga, dialognya puisi, puisi yang kemudian didialogkan untuk mengerti kalimat per kalimatnya aja itu ya ampun sudah PR banget. Jadi pengin banget (ketemu penyanyi dangdut) tapi kendala sama waktu ya, ya paling aku lebih banyak riset di video-video aja," tuturnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Atiqah Hasiholan Bangga Usai Pentas Musikal Cinta Tak Pernah Sederhana
Artikel Selanjutnya
Alasan Atiqah Hasiholan Rela Belajar Joget Dangdut