Sukses

News & Entertainment

Kembali Berkarya, Ahmad Dhani Rilis Album Kejutan dalam Boxset

Fimela.com, Jakarta Musisi Ahmad Dhani ternyata memiliki sebuah proyek rahasia yang bisa dibilang istimewa. Tanpa diketahui anggota keluarganya, selama dua tahun terakhir, pria asal Surabaya itu diam-diam menyiapkan sebuah album spesial yang bertajuk Indonesian Song Book Volume 1.

Karya dari pentolan grup band Dewa 19 itu pun akhirnya resmi dirilis ke publik dalam bentuk boxset. Dua anak dari Dhani, Al dan Dul didampingi Mulan Jameela pun resmi memperkenalkannya pada Senin (15/4/2019).

"Saya cukup surprise, tau-tau udah terbuat album boxset Ahmad Dhani Indonesian song book volume 1. Ada 15 lagu yang mas Dhani nyanyikan," ujar Mulan Jameela saat menggelar konferensi pers di kediamannya, kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Diakui Mulan, sebagai istri, dirinya sama sekali tidak tahu jika sang suami menyiapkan karya spesialnya tersebut. Sebelum menjalani proses hukum, kata Mulan, Dhani memang banyak menghabiskan waktunya di depan komputer.

"Terus terang saya nggak tau kapan mulai bikinnya. Yang saya tau mas Dhani memang seneng edit foto, dan pas mas Dhani mondok (dipenjara), dia baru bicara sama saya bahwa dia ada karya ini," kata Mulan.

 

Libatkan Dul

Tak hanya pada Mulan, pria berkepala plontos itu juta ternyata merahasiakan karyanya tersebut pada anak-anaknya. Al dan Dul yang ikut hadir dalam peluncuran Boxset Ahmad Dhani pun mengaku tak tahu persis kapan ayahnya mulai mengumpulkan seluruh materi yang dimuat di album Indonesian Song Book Volume 1.

Dul mengaku hanya sempat dimintai tolong oleh sang ayah untuk menjadi model video klip untuk salah satu lagu yang ada di album tersebut.

"Saya hanya dapat info, ayah minta tolong jadi model dan di lagu Ada Kamu, tapi tidak diberitahu akan dibuat album," timpal Dul menambahkan.

 

Curahan Hati Dhani

Dirilis dalam bentuk boxset dan hanya dijual secara online, album karya Ahmad Dhani bertajuk Indonesian Song Book Volume 1 memang terbilang spesial. Dalam boxset-nya, Ahmad Dhani juga melampirkan rangkuman foto-foto eksklusif, serta sebuah buku, serta kaos yang didesain khusus.

"Ayah tuh suka ngumpulin dokumentasi dari kecil, dari ayah kecil juga. Semuanya dikumpulin di sini. Banyak foto yang belum banyak orang tau. Ada foto-foto Dewa yang lama yang belum pernah dirilis," ujar Al Ghazali.

"Nggak hanya musik, di album ini ada semacam buku dari ayah saya. Ada buku yang saya rasa saya juga tertarik untuk membacanya. Saya ingin tau isi hati Ahmad Dhani sebagai musisi, sebagai seniman, saya rasa Ahmad Dhani pasti menulis seni yang berkualitas dan Insya Allah menginspirasi banyak orang," timpal Dul menambahkan.

Album Spesial

Total, Ahmad Dhani memasukkan 15 lagu pilihan di album Indonesian Song Book Volume 1 ini. Dari 15 lagu yang keseluruhannya di aransemen ulang, terdapat lagu karyanya bersama Beby Romeo berjudul Aku Cinta Kau Dan Dia yang digarap dalam bentuk orkestra.

Selain itu, beberapa lagu lain yang ada di album tersebut antaranya Kuldesak, Jika Surga Dan Neraka Tak Pernah Ada, dan Kosong. Ada pula lagu milik musisi legendaris tanah air yang ikut dimasukkan seperti lagu Ada Kamu milik Harry Roesli, Sabda Alam milik Chrisye, dan beberapa lagu lain.

Project rahasia Ahmad Dhani ini pun mendapat apresiasi yang tinggi dari Abdul Qodir Jaelani, atau Dul. Pasalnya, menurut Dul, hampir seluruh proses produksinya dilakukan sendiri oleh sang ayah. Dul pun lantas merasa bangga dengan hasil karya sang ayah yang dituangkan di album tersebut.

"Menurut saya jadi musisi tidak mudah membuat album yang semuanya digarap sendiri dari mastering, konsep, sampai full of surprise (semua isi di boxset) di album ini. Jadi saya bersyukur punya ayah yang menurut saya musisi the best di jaman sekarang," pungkas Dul.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sederet Artis yang Rayakan Momen Spesial di Penjara
Artikel Selanjutnya
Dewa 19 hingga Dewi Dewi Gelar Konser untuk Ahmad Dhani