Sukses

News & Entertainment

4 Rahasia di Balik Album BTS, Map of the Soul: Persona

Fimela.com, Jakarta Comeback BTS dengan album Map of the Soul: Persona mungkin jadi sensasi terbesar sepanjang tahun 2019 ini. Lagu utama mereka, Boy with Luv memecahkan rekor video dengan jumlah view terbanyak dalam 24 jam mengalahkan BLACKPINK dan Ariana Grande.

Lagu itu hanya satu dari total 7 lagu yang terdapat di album Persona. RM dan kawan-kawan berusaha keras untuk membuat album yang istimewa dengan berbagai kejutan di dalamnya.

Tahun ini mereka mendatangkan Halsey sebagai partner kolaborasi di lagu Boy with Luv. Selain itu di lagu lain mereka juga mendapat lagu yang diciptakan oleh musikus asal Inggris, Ed Sheeran.

Bicara soal Persona, BTS memiliki beberapa fakta tersembunyi di dalamnya. Penasaran apa saja? Mari kita bahas satu per satu.

2 dari 5 halaman

Pesan Rahasia di Boy with Luv

Di single utama bersama Halsey, BTS ternyata memiliki pesan rahasia yang terselip di MV Boy with Luv. Clue tersebut ditemukan fans dalam kata 'Love' yang ditulis sedemikian rupa sehingga membentuk kata lain jika di balik.

Istilah ini bisa juga disebut sebagai ambigram, di mana sebuah kata memiliki kata lain dengan perspektif lain. 'Love' jika di balik akan menjadi tulisan 'ARMY'.

Mengetahui hal tersebut, para fans makin kagum dengan ketujuh idolanya tersebut. "Mereka benar-benar mencintai penggemarnya, aku terharu," ujar salah satu fans di Twitter.

3 dari 5 halaman

Kenapa RM Solo?

Di album ini terdapat track pertama berjudul Intro: Persona. Lagu tersebut dibawkaan RM, leader BTS secara solo. Ternyata ini memang ada kaitannya dengan album-album sebelumnya.

Ada pola bahwa dalam setiap album para member memiliki jatah lagu solo secara bergantian. Album pertama dimulai dari RM (“What am I to you”), lalu disusul para member lain yakni Suga (“Nevermind”) , J-Hope (“Boy Meets Evil”), Jimin (“Serendipity”), Jungkook (“Euphoria”), V (“Singularity”), Jin (“Ephiphany”) dan siklus itu kembali ke RM (Intro: Persona).

4 dari 5 halaman

Makna Persona

BTS terbiasa menggunakan kata-kata yang memiliki makna khusus dan menarik. Album Persona sendiri dibuat untuk mencari jati diri yang sebenarnya. Persona sendiri berarti sebuah karakter, peran atau bisa juga diartikan topeng.

Seringkali kita bersembunyi dalam persona tertentu di hadapan publik, dan menjadi sosok lain di luar itu. Setelah rangkaian Love Yourself, kini BTS mencoba berkaca dalam diri dan mengeskplor karakter mereka.

5 dari 5 halaman

Inspirasi Persona

RM mengungkap banyak hal di lagu Persona dengan rapnya. Dalam salah satu part ia mengucap "This one says ‘look at the forest,’ that one says ‘look at the wild flower’, yang sepertinya terinspirasi dari Psikiater terkenal asal Swiss Carl Gustav Jung.

Carl Jung membahas banyak hal dalam karyanya, termasuk ego, persona dan bayangan. RM diketahui sebagai salah satu idol dengan wawasan luas, dan itu dibuktikan dengan kejeniusannya dalam merancang konsep karya-karya BTS selama ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Sempurna, Ini Kesalahan Kecil di MV Boy with Luv BTS
Artikel Selanjutnya
Perjuangan 'Gila' ARMY Buat MV Boy with Luv BTS Pecahkan Rekor