Sukses

Entertainment

Penjelasan Inkigayo Tak Masukkan Lagu BTS di Tangga Lagu

Fimela.com, Jakarta Inkigayo dikenal sebagai salah satu program musik yang cukup bergengsi di Korea Selatan. Namun belakangan persepsi itu berubah lantaran tindakan mereka terhadap BTS yang patut dipertanyakan.

Seperti yang diketahui BTS merilis comeback single Boy with Luv pada 12 April lalu. Namun hingga Minggu (21/4) kemarin lagu mereka tak muncul di jajaran chart tangga lagu.

Hal tersebut pun mengundang pertanyaan dari para fans, terutama ARMY. Jawaban pihak SBS sendiri selaku stasiun penyiaran dirasa kurang memuaskan. Dalam berbagai kesempatan pihak TV hanya menyampaikan jika lagu BTS ini tidak sesuai kriteria.

Namun ketika ditanya kriteria apa saja, mereka tak pernah menjelaskan secara gamblang. Hingga baru-baru ini Dispatch mencoba mengkalrifikasi fenomena BTS terhadap pihak televisi.

Kriteria Chart Inkigayo

Dalam sebuah artikel, pihak Inkigayo akhirnya memberi rincian mengenai kriteria yang dibagi dalam persentase. Beberapa sumber tersebut antara lain streaming online (55%), YouTube (30%), suara Pra-show (5%), dan pemutaran TV/Radio (10%).

Dari kriteria tersebut harusnya BTS bisa dengan mudah memenuhinya. Jumlah views misalnya yang punya porsi cukup besar, harusnya mampu melesatkan lagu baru BTS tersebut,

Namun ketika ditanya lebih detail, pihak TV menyebut bahwa setiap acara punya kriteria berbeda-beda. "Setiap stasiun TV memiliki kebijakan berbeda. Rasanya sulit untuk mengungkap secara detail tentang kriteria kami," ungkap pihak tersebut dilansir dari Allkpop (24/4).

Protes Para Fans

ARMY merasa Inkigayo memberi treatment yang kurang layak bagi para idola mereka. Lagu BTS diperkirakan masuk chart Inkigayo pada pekan keempat April, padahal di prgoram musik lain sudah terlebih dulu masuk perhitungan.

Fans menyesalkan tindakan tersebut dan mencoba tak ambil pusing. Mereka akan menyibukkan diri dengan dukungan lain yang bisa mereka berikan, seperti di ajang penghargaan atau acara musik di stasiun TV lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading