Sukses

News & Entertainment

Karena Tompi, Ustaz Solmed Rajin Bikin Syair Lagu

Fimela.com, Jakarta Ustaz Soleh Mahmoed atau lebih akrab disebut Ustaz Solmed tergugah hatinya karena pernyataan solois bersuara khas Tompi. Kala itu Tompi memberikan coaching clinic kepada grup musik gambus The Sulthan yang dibentuk Ustaz Solmed.

"Waktu itu saya kedatangan dokter Tompi. Mereka coba di-coach, kelebihan dan kekurangan di mana, lalu mereka cocoknya di musik apa," kata Ustaz Solmed di kediamannya, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat (28/5).

Saat itu The Sulthan memang banyak melakukan cover lagu orang lain. Lalu Tompi memberikan semangat kepada Ustaz Solmed dan The Sulthan untuk memiliki karya sendiri. Ini yang menjadi acuan untuk melempar karya.

"Musisi bukan musisi kalau ga punya karya. Itu kata beliau. Kalau gak bisa berkarya sendiri, seperti penyanyi kafe. Makanya jadi semangat buat kami," ujarnya.

Ustaz Solmed pun akhirnya menciptakan sebuah syair lagu dan kemudian diaransemen bersama dengan The SUlthan. "Dokter Tompi ga ikut andil dalam pembuatan lagu. Namun dia memotivasi kami. Karena selama ini kami cover aja. Ambil yang simple," ucap Solmed.

Syiar dan Syair

Apa yang dilakukan Ustaz Solmed dengan membentuk grup ini adalah karena dirinya ingin melakukan syiar dengan syair religius. Terlebih ketika masa Ramadan dan Lebaran nanti. Lagu berjudul Kembali Fitri ini memang disiapkan menyambut Lebaran.

"Kami ingin menyampaikan syiar lewat syair. Ini menyambut Idul Fitri. Semoga menjadi kesan tersendiri bagi umat Islam yang merayakannya. Lagu tentang bagaimana seseorang menjalani kehidupan tentunya ada salah dan lupa. Makanya saling bermaafan. Kira-kira semangatnya seperti itu," ujar Solmed.

Bukan Saingan Sabyan Gambus

Memiliki vokalis perempuan, Ustaz Solmed mengaku bahwa grup gambus bentukannya tak ada niat untuk bersaing dengan Sabyan Gambus. Justru dirinya berharap akan semakin banyak grup dengan musik dan lirik religi yang bermunculan.

"Lahir Sabyan, The Sulthan semoga menjadi semangat bagi yang lainnya untuk berkarya atau minimal me-recycle lagu dahuluseperti Bimbo atau Nasida Ria. Pengen menjadi motivasi bagi yang lain karena musik religi sudah mulai surut," tandas Ustaz Solmed.

;
Loading