Sukses

News & Entertainment

Cara Pidi Baiq Memilih Anggota The Panasdalam Bank untuk Film Koboy Kampus

Fimela.com, Jakarta Seniman serba bisa asal Bandung, Pidi Baiq dibuatkan film biografi tentang kehidupan masa mudanya di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Berjudul Koboy Kampus, film itu menceritakan bagaimana ayah Pidi Baiq dan beberapa temannya mengkritik pemerintahan Orde Baru dengan cara yang kreatif.

Dibintangi oleh Jason Ranti, Ricky Harun, dan Bisma Karisma, ayah Pidi Baiq mengaku tak menilai pemerannya berdasarkan kemiripan wajah atau gelagat. Menurutnya, para pemeran Koboy Kampus dipilih lantaran kebutuhan cerita dan karakter yang dimainkan.

"Memilih orang untuk menjadi pemeran Pidi di Koboy Kampus dan juga untuk menjadi pemeran lain tidak mengacu pada apa yang dilihat dari wujudnya, tetapi lebih menitikberatkan pada isi ceritanya. Saya merasa begitu," terang Pidi Baiq saat berbincang santai dengan wartawan belum lama ini.

Untuk film yang diproduksi oleh 69 Production bekerjasama dengan MNC Pictures itu, Pidi Baiq mempercayakan kursi sutradara diduduki oleh Tubagus Deddy yang mendampinginya. Pentolan grup The Panasdalam itu pun mengaku tak merasa kesulitan untuk peran yang baru pertama kali ia lakukan itu.

"Pertama kali menjadi sutradara, saya nggak merasa ada hal yang aneh atau lainnya yang bisa dianggap sebagai tantangan. Menyenangkan atau tidaknya, itu bergantung pada situasi dan kondisi pribadinya. Hanya itu yang bisa dikatakan," ujar Pidi Baiq.

Film Koboy Kampus sendiri menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang sibuk beraktifitas lain di luar jadwal perkuliahannya. Momen itu pula lah yang membuat Pidi dan beberapa temannya bisa berkarya secara kreatif sampai akhirnya tercetus pembentukan The Panasdalam bank yang kemudian dijadikan negara fiktif.

Melalu negara The Panasdalam, Pidi Baiq dan teman-temannya mencoba menyampaikan protes terhadap pemerintahan orde baru di luar aksi turun kejalan untuk demonstrasi seperti yang dilakukan banyak mahasiswa lainnya.

Syuting Satu Bulan

"Syutingnya memakan waktu satu bulan kurang lebih. Nah, ngeditnya yang agak lama, soalnya nggak gampang menurut kami," urai Pidi Baiq.

Film yang juga dibintangi oleh David John Schaap dan Danilla Riyadi itu dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Tanah Air pada 25 Juli 2019 mendatang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Totalitas Pemain Koboy Kampus Hadirkan Nostalgia bagi Penonton
Artikel Selanjutnya
Viny JKT48 Unjuk Gigi Lewat Film Koboy Kampus