Sukses

News & Entertainment

Momen Debut 4 Vokalis Pengganti di Band-Band Ternama

Fimela.com, Jakarta Bongkar pasang personel dalam sebuah band mungkin jadi sebuah peristiwa yang lumrah terjadi. Bahkan ada beberapa grup musik yang berkali-kali ganti personel tapi masih berhasil menjaga eksistensinya.

Akan tetapi lain soal jika kita membahas mengenai pergantian vokalis. Peran seorang vokalis hampir selalu yang paling kuat dalam image sebuah grup musik.

Karena itu band yang ditinggal atau memecat vokalis adalah sebuah pertaruhan besar. Tone gitar, baseline bass, atau pukulan drum seorang musisi mungkin berkarakter, tapi ketika band berganti vokalis, suara lah yang paling jelas terdengar.

Belum lagi ekspektasi orang terhadap sang vokalis baru akan jadi beban tersendiri. Seperti saat para vokalis band berikut memulai langkah baru sebagai pengganti, dan ternyata terbukti cukup sukses.

Donnie ADA Band

ADA Band diperkuat para senior di kalangan musisi. Terdiri dari Baim, Krishna Balagita, Dika, Iso dan Eel. Dengan lirik yang banyak membahas tentang cinta, mereka lebih cenderung mengusung musik pop rock.

Akhir 90an ADA Band sempat vakum dan alami pergantian personel. Awal tahun 2003, mereka bangkit dengan Donnie Sibarani sebagai vokalis. Lagu Masih (Sahabatku Kekasihku) jadi awal baru bagi ADA Band yang kembali merengkuh sukses selama beberapa tahun.

Once Dewa 19

Dewa terlanjur jadi band ikonik di era 90an, dengan formasi awal Dhani, Erwin, Wawan, Andra dan Ari Lasso. Lagu-lagu mereka yang terinspirasi Queen hingga Kahlil Gibran sukses diterima pecinta musik.

Namun Ari Lasso menghilang di tengah karier Dewa, yang digantikan oleh Once Mekel. Melihat kemampuan Once, Ari mempercayakan posisi vokalis. Dan debut Once langsung sukses saat album Bintang Lima dirilis dengan Roman Picisan sebagai andalan.

Neida HiVi

Sukses menjadi band idola kawula muda, HiVi tak terhindarkan dari pergantian personel. Saat itu mereka ditinggal salah satu vokalisnya, Dea yang kemudian bersolo karier.

HiVi kemudian menunjuk Neida sebagai partner Ilham sebagai vokalis. Lagu Pelangi jadi perkenalan khusus Neida kepada para penggemar HiVi, yang kini makin menunjukkan chemistry mereka.

Tantri Kotak

Sempat melejit sebagai jebolan ajang pencarian band nasional, jalan Kotak ternyata tak semulus bayangan. Setelah ditinggal Pare dan Icez, Kotak sempat dikira akan tenggelam.

Namun Tantri hadir dan membawa nafas baru bagi Kotak. Single Beraksi jadi batu loncatan Tantri dan Kotak hingga konsisten berkarya. Bisa dibilang kesuksesan Kotak makin melambung, terbukti dengan jajaran album dan beberapa kolaborasi menarik, salah satunya dengan band asal Amerika Simple Plan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dua Lagu Dewa 19 Bangkitkan Vibe 90an di Panggung Smartfren WOW Concert 2019
Artikel Selanjutnya
Dewa19 sampai Chungha Siap Hibur Smartfren WOW Concert