Sukses

News & Entertainment

Peduli Lingkungan, Samuel Zylgwyn Turun Langsung Bersihkan Sampah di Laut

Fimela.com, Jakarta Isu lingkungan sepertinya masih menjadi perhatian khusus bagi masyarakat Indonesia. Disamping kualitas udara, pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah sudah tak bisa lagi dianggap remeh. Hal tersebut pun akhirnya mulai menimbulkan kepedulian dari para publik figur, termasuk aktor Samuel Zylgwyn.

Sebagai bukti kepeduliannya terhadap sampah, suami dari Franda itu ikut turun langsung dalam acara bertajuk Gerakan Bersih Laut dan Pantai Serentak yang digagas oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada Kamis (12/9/2019) pagi.

Berlokasi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Mue, sapaan akrabnya bersama dengan para relawan mengajak masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

"Hari ini ada agenda bersih laut bikin baper, itu bahasa anak milenial lah. Agenda ini harus dilakukan untuk memberi tahu pada teman-teman," ungkap Samuel Zylgwyn.

Menurutnya, masalah pencemaran laut yang disebabkan oleh sampah plastik memang perlu kesadaran dari banyak pihak. Maka dari itu, sebagai publik figur, ayah satu anak itu pun merasa terpanggil untuk mensosialisasikan pola hidup ramah lingkungan.

"Kita harus sadar lah, jika satu orang yang buah sampah (plastik) satu buah, tapi kalau dikali berapa (banyak) orang, itu jadi masalah. Makanya tadi melibatkan banyak anak muda, anak sekolah, agar kita bisa menjaga laut," tuturnya.

Tak hanya di Jakarta, gerakan Bersih Laut dan Pantai juga dilakukan serentak digelar di 260 pelabuhan se-Indonesia. Angka tersebut pun tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Aksi Membersihkan Laut Secara Serentak di Pelabuhan Terbanyak.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, aksi yang ia gagas bersama dengan Dirjen Perhubungan Laut dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019 memang tak terlepas dari fakta yang cukup mencengangkan. Berdasarkan data, Indonesia diketahui sebagai negara peringkat kedua di dunia dalam hal jumlah sampah yang dibuang ke laut.

"Ada 40 ton (sampah) yang dibuang ke laut, oleh karena itu menjadi kewajiban kita untuk membersihkannya," ujar Budi Karya Sumadi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Franda Marah Nama Anaknya Dipakai Fans, Ini Anak Artis yang Namanya Unik
Artikel Selanjutnya
Franda Bicara Orang Ketiga yang Ganggu Kemesraan dengan Samuel Zylgwyn