Sukses

News & Entertainment

Mengungkap Indahnya Kemajemukan Budaya Lewat Film Martabak Bangka

Fimela.com, Jakarta Film memang menjadi salah satu media yang dinilai ampuh untuk menyampaikan pesan positif. Berangkat dari situ, sebuah film berjudul Martabak Bangka pun diharapkan bisa memberikan pandangan lain tentang harmonisasi perbedaan budaya yang ada di Indonesia.

Martabak Bangka merupakan film teranyar yang dibintangi oleh aktor sekaligus presenter Ramon Y. Tungka. Meski mengusung judul yang sarat akan salah satu kuliner, film yang diproduseri oleh Arbi Leo itu nyatanya membahas lebih dalam dari sekedar makanan asli dari daerah Bangka Belitung tersebut.

Hal itu disampaikan oleh sang sutradara, Eman Pradipta saat menggelar nonton bareng di bioskop kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Kamid (19/9/2019). Menurutnya, film bergenre drama komedi itu mengangkat sisi kemajemukan budaya yang harmonis di daerah Bangka Belitung.

"Banyak pesan moral sebenernya. Tujuan film ini kan untuk menunjukkan bahwa masih ada budaya Indonesia yang saling menghormati sesama. Karena di Bangka, (etnis) tionghoa dan melayu hidup berdampingan. Itu salah satu misi yang mau dibawa, bahwa masih berlakunya bhineka tunggal ika meski kita kemas dengan komedi dan drama," ujar Eman Pradipta.

Film Martabak Bangka sendiri bercerita tentang Jaya (Ramon Y. Tungka) yang bekerja di kedai martabak milik Koh Acun di Jakarta. Pasca meninggalnya Koh Acun, Jaya pun memutuskan untuk terbang ke Bangka guna mencari keluarga Koh Acun. Dari situ, petualangan Jaya pun dimulai.

Selain jalan cerita, hal lain yang membuat Ramon Y. Tungka tertarik untuk bermain dalam film Martabak Bangka ialah para cast yang terlibat. Bukan nama-nama besar, hampir keseluruhan cast yang terlibat merupakan putra asli Bangka Belitung yang sama sekali belum pernah menjajal dunia akting sebelumnya.

"Dengan film ini gua pengen menghapus paradigma ada aktor ibukota, ada aktor daerah, itu sebenernya nggak ada. Aktor ya aktor, mau dari mana kek, ya kerjaan lu aktor. Disini kita bisa lihat kawan-kawan di Bangka mampu bermain baik, even ini pertama mereka akting di depan kamera. Ketika gua ditawarin main film ini, gua mau karena tau 95 persen pemainnya orang Bangka," papar Ramon Y. Tungka.

Film Martabak Bangka sendiri sudah tayang di bioskop mulai 19 September 2019. Selain Ramon Y. Tungka, film tersebut juga diperankan oleh nama-nama seperti Gabriella Desta, Ajul, Anyun, Abah Yusef, Samirah, Risky, Claresta, Yafet Ibrahim, Paulus Djauhari, dan Graceilla Angelica.

Loading
Artikel Selanjutnya
Produseri Film Martabak Bangka, Aldi Taher Ikuti Jejak Raffi Ahmad