Sukses

Entertainment

FIMELA FEST 2019: Lawan Penyakit Autoimun, Bukti Qory Sandioriva Perempuan Fearless

Fimela.com, Jakarta Puteri Indonesia 2009, Cory Sandioriva bersuara tentang penyakit yang sudah bersemayam di tubuhnya selama 12 tahun terakhir. Sejak usia 16 tahun, tanpa disadari, Qory mengidap penyakit yang terbilang rawan, yaitu autoimun jenis lupus. Tak merasa terpukul, ia memilih bangkit untuk 'melawan takdir' yang ia terima.

"Pasti saat pertama kali tahu lupus, saya merasa seperti terkutuk karena masih tabu. Kalu ditanya ganggu psikologis itu benar, bagaimana saya hadapinnya saat itu ketika mau Miss Universe, dokter saya tahu kalau saya drop," tutur Qory Sandioriva.

"Saat itu saya merasa saya nggak mau kecewakan siapa pun dan saya mewakili Indonesia saat itu, jadi apapun alasannya saya harus tampil total," ujar Qory Sandrioriva menceritakan mengenai pengalamannya mengikuti ajang Miss Universe dengan penyakit yang diidapnya.

Berat Badan Sampai 110 Kg

Saat-saat terpuruk yang dialami mantan istri Ramon Y. Tungka itu pun terjadi beberapa tahun belakangan. Demi mengendalikan sel-sel imun dalam tubuhnya tetap 'jinak', Qory Sandrioriva terpaksa meminum obat.

Obat tersebut menurut Qory yang membuat bobot tubuhnya bertambah drastis. Qory pernah mencapai berat badan 110 Kg lantaran mengonsumsi obat jenis steroid.

"Sewaktu saya kena sakit autoimun, saya konsumsi salah satu obatnya steroid. Steroid itu mengikat garam dan gula dan efeknya bisa bikin berat badan meningkat. Saya sempat naik 55 kilo, terakhir berat sampai 110 kilogram," terang Qory Sandioriva.

 

Dukungan Keluarga

Satu hal yang membuat Qory Sandioriva bangkit dari keterpurukannya adalah keluarga yang selalu memberi dukungan. Di samping itu, usianya yang masih terbilang muda membuat Qory Sandioriva merasa yakin bisa melakukan banyak hal dengan kondisi tubuh yang mengidap autoimun.

"Kalau diceritain hal yang paling penting adalah kita hidup bermanfaat untuk siapa. Saya semangat hidup, semangat saya adalah anak saya, sebelum punya anak, itu keluarga saya. Saya beruntung punya keluarga yang support saya terus," pungkas Qory Sandrioriva.

Ketahuilah bahwa setiap perempuan terlahir istimewa. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Daftar untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019 di sini.

 

Saksikan Video Menarik Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading