Sukses

Entertainment

Film Contagion di Tahun 2011 Disebut Ramalkan Pandemi Corona Sekarang Ini

Fimela.com, Jakarta Sekarang ini masyarakat di berbagai penjuru dunia tengah dicemaskan dengan merebaknya virus Corona atau Covid-19. Beberapa negara melakukan lockdown demi memutus rantai penyebaran virus tersebut agar tidak semakin banyak korban yang berjatuhan. Bersamaan dengan kondisi sekarang ini, masyarakat teringat dengan jalan cerita dari film bertajuk Contagion yang tayang pada tahun 2011 silam.

Film karya Steven Sodenbergh dengan penulis naskah Scott Z. Burns ini disebut meramalkan kondisi yang terjadi belakangan ini. Di mana akibat dari sebuah virus yang kemudian memakan banyak korban jiwa. Benar kah demikian?

Jadi, film yang dibintangi aktor dan aktris papan atas peraih Oscar seperti Kate Winslet, Marion Cotilard, Matt Damon, Jude Law hingga Gwyneth Paltrow ini mengisahkan tentang perjalanan Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) ke kawasan Asia. Ia melakukan banyak aktivitas di sana bersama para kliennya, namun saat pulang ke rumah, Beth mengalami batu-batuk dan suhu tubuhnya mencapai 38,7 derajat Celsius hingga akhirnya meninggal dunia.

Kepergian Beth ini membuat sang suami, Mitch Emhoff (Matt Damon) sangat syok. Melihat kematian Beth, para dokter pun melihat kejanggalan hingga  akhirnya mereka melakukan riset dan hasilnya ditemukan gen kelelawar yang berbaur dengan gen babi dalam sebuah virus.

Diceritakan juga bahwa virus baru tak bernama dan kemudian disebut MEV-1 itu menyebar melalui udara, hingga dalam kurun waktu 133 hari menewaskan 1 persen populasi mahluk bumi.

Penulis Skenario Dicecar Media

Melihat kemiripan antaran kisah di film Contagion dan kondisi sekarang ini, tak heran kalau masyarakat menyebut film tersebut merupakan sebuah ramalan. Bukan hanya itu, sang penulis naskah, Scott Z. Burns pun kini menjadi incaran media.

Seperti yang dituliskan Liputan6.com berdasarkan hasil wawancara Scott Z. Burns dengan Vulture yang dipublikasikan pada 14 Maret 2020 lalu bahwa penulis naskah film Contagion ini mengklarifikasi soal ramalan tersebut.

Ia mengatakan bahwa virus yang disebutkan dalam film tersebut bukan lah virus corona, melainkan MEV-1. “Virus kami di Contagion bukanlah virus Corona. Virus MEV-1 dirancang berdasarkan dua virus yang sudah eksis sebelumnya,” ungkap Scott Z. Burns.

Film Contagion yang dirilis tahun 2011 yang menghadirkan sejumlah bintang peraih Oscar ini disebut menjadi film terpenting di tahun 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading