Sukses

Entertainment

Ditunda Akibat Pandemi Covid-19, Ini Jadwal Terbaru Piala Oscar 2021

Fimela.com, Jakarta Wabah pandemi Corona Covid-19 berdampak ke berbagai sektor, salah satunya industri perfilman dunia. Hal tersebut akhirnya berpengaruh terhadap berlangsungnya acara bergengsi dunia yang memberikan penghargaan kepada pegiat film, yakni Academy Awards atau Piala Oscar.

Semula, Academy Awards ke-93 akan berlangsung pada 28 Februari 2021. Namun karena adanya pandemi Covid-19, acara bergengsi ditunda dua bulan ke depan. Tepatnya April 2021, Piala Oscar rencananya akan digelar.

Senin (15/6/2020), pihak Academy of Motion Pictures Arts and Sciences memberikan pengumuman terkait diundurnya Piala Oscar 2021. Seperti melansir dari Variety, Selas (16/6/2020), presiden Academy David Rubin dan CEO Dawn Hudson menyampaikan peran film selama ini beseta dengan harapan mereka.

“Lebih dari satu abad film beperan penting dalam menghibur dan menginspirasi kita selama masa paling kelam dan tahun ini mereka memilikinya. Kami berharap dengan memperpanjang periode kelayakan dan jadwal awards dapat memberikan keleluasaan yang dibutuhkan para pegiat film dalam menyelesakan karya mereka yang sempat tertuda tanpa adanya penalty karena sesuatu hal yang bukan kendali siapapun,” ujarnya.

Jadwal Agenda Piala Oscar 2021 Terbaru

Mengingat jadwal acara ditunda sampai April 2021, tentu serangkaian agenda lainnya juga diperpanjang dan pastinya berbeda dengan jadwal sebelumnya. Pertama, tentang kelayakan tanggal rilis. Salah satu syarat uji kelayakannya, film-film harus memiliki tanggal rilis antara 1 Januari 2020 hingga 28 Februari 2021.

Kedua, tentang batas waktu pengiriman untuk kategori khusus dan umum. Kategori khusus, seperti film animasi, film dokumenter, film pendek documenter, film internasional, film pendek animasi dan film pendek live-action, batas pengirimannya hingga 1 Desember 2020. Nah, untuk kategori umum seperti gambar terbaik, original score dan original soundtrack, paling lambat dikirim hingga 15 Januari 2021.

Bukan hanya memberikan penghargaan terhadap pelaku industri film, namun di piala Oscar 2021 nanti juga sekaligus pembukaan museum baru Academy Awards. Tujuannya, sebagai tanda momen bersejarah dan mengumpulkan para penggemar film di seluruh dunia untuk bersatu lewat bioskop.

Saksikan Video Pilihan Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading