Sukses

News & Entertainment

Cerita Kikan Namara jadi Dayang Sumbi di Teater Musikal Virtual

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 memang memaksa para insan kreatif berinovasi dalam berkarya. Salah satu yang patut diapresiasi adalah terselenggaranya program #MusikalDirumahAja yang merupakan gelaran teater musikal yang dihadirkan secara virtual oleh Galeri Indonesia Kaya yang mengangkat 6 cerita rakyat Indonesia.

Setelah Malin Kundang, Timun Mas, dan Rara J, pekan ini giliran legenda dari Jawa Barat, Sangkuriang yang dihadirkan. Episode keempat ini mengisahkan kehidupan Dayang Sumbi yang penuh dengan keajaiban. Lahir dari perut seekor babi, menikah dengan seekor anjing bernama Tumang, hingga kemudian sang putranya yang bernama Sangkuriang jatuh cinta kepadanya.

Penyanyi Kikan Namara, yang memerankan karakter Dayang Sumbi pun berbagi cerita pengalamannya terlibat dalam #MusikalDirumahAja. Ia mengakui jika mendapat banyak pengalaman baru dari keterlibatannya untuk pertama kali dalam gelaran teater musikal yang digelar secara virtual itu.

"Yang jelas ini untuk aku pribadi akan jadi satu-satunya kita ngerjain sesuatu dalam suasana PSBB. Ini bener-bener pengalaman unik yang mungkin ke depannya akan terus beradaptasi dalam keadaan seperti ini," kata Kikan Namara usai penayangan episode Sangkuriang, Kamis (13/8/2020).

Perbedaan Signifikan

Meski bukan kali pertama terlibat dalam gelaran teater musikal, konsep yang diusung #MusikalDirumahAja menurut Kikan sangat berbeda dengan gelaran yang sebelumnya pernah ia ikuti. Pasalnya, kondisi pandemi Covid-19 dalam proses produksinya memang meminimaisir interaksi antar pemain, sehingga kemistri yang dijalin pun menjadi kendala tersendiri.

"Yang aku catat nggak bisa ketemunya itu yang bikin perbedaan signifikan. Untuk aku yang paling memantang itu kemistri antar pemain, aku di sini harus punya kemistri yang kuat sama Kumang dan Sangkuriang, tapi kita dari awal reading sampai hari H syuting, kita sama sekali nggak ketemu padahal dibutuhkan kemistri yang kuat, jadi itu menantang dan cukup sulit buat aku," paparnya.

Pernah Kerja Bareng

Beruntung bagi Kikan, dirinya dan tiga orang pemain yang terlibat dalam episode Sangkuriang ini pernah terlibat kerjasama di project sebelumnya. Hal tersebut sedikit banyaknya membantu menumbuhkan kemistri antar pemain ketika menjalani proses syuting yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

"Untungnya kami udah cukup beberapa kali kerja bareng jadi nggak terlalu aneh dan susah bangun kemistrinya," pungkasnya.

#MusikalDirumahAja sendiri menampilkan 6 cerita rakyat Indonesia dan melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia dengan format online. Untuk episode Sangkuriang, nama-nama yang terlibat di dalamnya antara lain Meara sebagai sutradara teater, Tanta Ginting sebagai sutradara film dan sinematografer, Titin Watimena sebagai penulis lirik, serta Taufan Purbo sebagai Sangkuriang, Kikan Namara sebagai Dayang Sumbi, Bima Zeno sebagai Tumang dan Chandra Satria sebagai Radjiman/Narator dan diproduseri oleh Bayu Pontiagust.

Saksikan Video Menarik Berikut

Loading