Sukses

Entertainment

Kata Andien Soal Kemerdekaan Republik Indonesia

Fimela.com, Jakarta Penyanyi Andien Aisyah atau kerap disapa Andien ikut berbicara soal arti kemerdekaan. Ya tepat hari ini, Senin (17/8/2020) Indonesia memang sedang merayakan hari kemerdekaannya yang ke-75 .

Saat mengisi program '17an Merdeka' dalam sesi Bincang Pahlawan: #MerdekakanSenyumIndonesia, Ibu satu mengatakan, jika membahas tentang kemerdekaan yang terlintas dalam benaknya adalah sebuah proses panjang.

"Kalau bicara kemerdekaan, satu yang terlintas di benakku adalah sebuah proses. Karena yang namanya kemerdekaan yang pastinya nggak akan diraih tanpa proses panjang banget. Di mana kita memperjuangkan kemerdekaan ini," kata Andien.

Kemerdekaan Adalah Hak Bagi Setiap Orang

Lebih lanjut pelantun lagu Indahnya Dunia ini juga mengatakan bahwa kemerdekaan adalah hak bagi setiap orang di dunia. Tetapi katanya, masih banyak yang belum bisa memerdekakan diri sendiri.

"Memang yang namanya kemerdekaan itu adalah hak bagi setiap orang, tapi di dunia seperti sekarang ini di mana kita dibatasi oleh berbagai macam hal termasuk limitasi diri kita sendiri. Akhirnya kita banyak melalui proses kemerdekaan diri kita sendiri," katanya.

Harus Jatuh Bangun dan Ikhlas

Pada kesempatan itu, Andien percaya setiap orang akan berhasil di waktu yang tepat. Intinya, ia menyebut segala sesuatu harus dilalui dengan keikhlasan hati.

"Aku percaya yang namanya proses melalui jatuh bangun, nggak mungkin bangun terus tanpa jatuh. Nggak mungkin kita bisa berdiri tegak tanpa belajar dari kesalahan di masa lalu," jelasnya.

"Dan aku rasa ketika kita bisa sampai ke suatu titik bisa tersenyum adalah kita bisa ikhlas menerima, kalau di belakang sebagai suatu pembelajaran buat kita," tambahnya.

Saksikan Video Menarik Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading