Sukses

Entertainment

5 Sutradara Video Klip Populer di Industri Musik Indonesia Tahun 2000an

Fimela.com, Jakarta Industri musik Indonesia terus mengalami perubahan seiring berubahnya zaman. Kita yang dulu disuguhkan video klip dari band-band dan penyanyi Tanah Air di TV, kini semua beralih ke digital.

Peran video klip saat ini memang masih cukup penting, tapi dengan makin banyaknya pilihan, penonton agak sulit untuk menentukan fokus. Di sisi lain, video musik mengalami perkembangan pesat secara teknis, dengan adanya alat yang makin canggih dan tajam.

Namun sebagus apapun peralatan yang digunakan, peran orang di balik layar jadi penentu. Mereka adalah sutradara yang mengemban tanggung jawab terbesar soal konsep dan eksekusi di lapangan. 

Di era 2000an, di kala video klip masih hype di TV beberapa nama berikut kerap jadi eksekutornya. Mereka pun kerap dipercaya dengan hasil tangan dingin mereka.

Anggy Umbara

Anggy Umbara saat ini lebih banyak dikenal orang sebagai sutradara film. Namun kembali ke era sekitar 10 tahun lalu, ia juga merupakan sutradara yang kerap menangani klip band-band kenamaan.

Para musisi seperti Ahmad Dhani, D'Masiv, hiingga Indah Dewi Pertiwi pernah mempercayakan video klip kepadanya. Belakangan ia memang lebih fokus menggarap film layar lebar, seperti Comic 8 hingga Warkop DKI Reborn.

Upie Guava

Berikutnya ada sutradara berbakat, Upie Guava. Ia sudah memulai menggarap sejumlah video klip di usia yang cukup muda. Beberapa band yang pernah ia buat klipnya di antaranya NOAH, D'Masiv, SMASH, Ungu dan masih banyak lagi.

Selain band ia juga pernah terlibat di sejumlah klip penyanyi solo seperti Rossa, Marcell hingga Vidi Aldiano.

Rizal Mantovani

Di era band masih tumbuh subur, Rizal Mantovani juga ikut mendedikasikan dirinya di video musik. Sebelum menggarap beberapa film horror seperti sekarang, ia pernah menangani klip band besar seperti Dewa 19 dan Peterpan.

Candi Soeleman

Berikutnya ada Candi Soeleman, seorang sutradara yang sudah lama malang melintang di balik layar. Sempat menggarap beberapa band Tanah Air, hingga kini Candi Soeleman masih kerap menukangi video klip.

Bahkan NOAH sempat beberapa kali bekerja sama dengan Candi, termasuk di klip Wanitaku. Ia juga menjadi sosok di balik MV Raisa, Pemeran Utama yang dibintangi Oka Antara,

Abimael Gandy

Persaingan para sutradara saat itu berlangsung cukup semarak. Abimael Gandy termasuk nama yang cukup populer dengan sejumlah karya yang ia buat.

Abimael pernah masuk sebagai nominee sebagai video tebraik dan sutradara terbaik di MTV Award Indonesia tahun 2008. Demi Waktu dari Ungu merupakan salah satu karyanya yang menuai sukses besar.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading