Sukses

News & Entertainment

Dion Wiyoko Berbagi Tips Dapatkan Foto Instagramable dengan Kamera Ponsel

Fimela.com, Jakarta Media sosial, khususnya Instagram belakangan sudah seperti 'etalase' untuk memamerkan foto-foto yang memiliki nilai estetik. Sayangnya, foto yang instagramable selalu diidentikkan dengan perangkat kamera yang mumpuni. Padahal, kamera ponsel pun bisa menjadi 'senjata' untuk menghasilkan foto yang memuaskan.

Hal tersebut disampaikan Dion Wiyoko, aktor yang memiliki hobi fotografi saat menjadi narasumber di event virtual bertajuk YOUVIT Online Master Class Fotografi pada Sabtu (5/9/2020). Ia berkisah, saat pertama kali tertarik pada dunia fotografi, dirinya pun menggunakan kamera ponsel untuk meng-capture objek-objek yang menarik.

"Belajar fotografi awalnya dari handphone dulu. Belajar trik-trik fotografi dari internet, YouTube, dan semuanya bisa dipelajari dengan otodidak. Awalnya, bisa kita tiru dari cara-cara di internet, tetapi lama-kelamaan pasti kita akan mendapatkan karakter kita sendiri saat memotret. Berlatih terus, jangan memikirkan hasil akhirnya dulu, tetapi nikmati prosesnya," ungkap Dion Wiyoko.

 

 

Pemilihan Waktu

Lebih lanjut, Dion menuturkan, untuk tahapan awal, pemilihan waktu yang tepat bisa menjadi landasan guna mendapatkan pencahayaan yang maksimal. Untuk outdoor, kamera ponsel sangat baik digunakan pada waktu pagi dan sore hari dimana cahaya matahari cenderung tak terlalu keras.

"Kalau siang biasanya dihindari, saat matahari pas di atas banget jadi muka over exposure. Saat matahari pagi dan sore jam 17.00 atau 16.30 pencahayaan lagi bagus, posisi matahari pas," jelasnya.

Minimalisir Editing

Di samping itu, satu hal lain yang perlu ditanamkan dalam mendapatkan foto yang instagramable ialah proses editing. Meski perlu, namun dalam prosesnya, editing foto tak harus yang berlebihan. Yang utama, harus ada keyakinan jika foto yang diambil sudah cukup memuaskan.

"Foto itu hasilnya sudah 70 persen harus baik, 30 persennya editing dengan hanya menonjolkan saturasi, shadow, dan lainnya. Jadi, sebisa mungkin foto yang diambil udah bagus dulu hasilnya," pungkasnya Dion Wiyoko.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

;
Loading