Sukses

Entertainment

3 Fakta Perjalanan Karier Yopie Latul, Sang Penyanyi Legendaris Asal Kota Musik

Fimela.com, Jakarta Penyanyi dan musikus senior, Yopie Latul baru saja dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Rabu 9 September 2020 sore. Dilansir dari Liputan6.com, kabar meninggalnya sang penyanyi legendaris ini dibenarkan oleh sahabatnya, Andre Hehanussa.

Beberapa musisi turut mengucapkan rasa belasungkawa atas berpulangnya Yopie Latul. Ia meninggal dunia di usia 65 tahun, tak lama setelah sang putra mengonfirmasi bahwa Yopie dinyatakan positif virus corona.

"Saya Carllo (Rio) Latul atas nama keluarga mau memberitahu bahwa benar, Ayah kami yang bernama Yopie Latul dinyatakan POSITIF CORONA dengan diagnosa OTG (Orang Tanpa Gejala)," tulis Rio di unggahan Instagram Story (8/9).

Berikut beberapa fakta perjlanan karier mendiang Yopie Latul, salah satu penyanyi legendaris dengan sepak terjangnya di dunia musik.

Momen Debut

Yopie Latul memulai langkah pertamanya di ranah musik dengan album Ambon Jazz Rock. Dengan sentuhan musik yang eksploratif, namanya mulai dikenal di skena musik.

Di tahun 1986 ia memperkenalkan lagu Ayun Langkahmu ciptaan Elfa Secioria dan Wieke Gur. Lagu ini yang makin meluaskan para pendengarnya di berbagai wilayah Indonesia.

Makin dikenal masyarakat, ia kemudian menyanyikan lagu Kembalikan Baliku karya Guruh Soekarnoputra tahun 1987, dan menapaki masa cukup gemilang di era 90an.

Populerkan Poco-Poco

Di generasi yang lebih baru, Yopie Latu dikenal lewat lagu Poco-Poco yang kembali ia populerkan. Dikemas dengan versi house music, lagu tersebut pun makin mudah diterima kalangan muda.

Lagu itu mengantarkan Yopie Latul mendapat piala di ajang Anugerah Musik Indonesia 2001 di kategori Penyanyi Disco/House Music/Rap/Dance Music Terbaik. 

Konsistensi

Lahir di Ambon yang sekarang jadi Kota Musik, Yopie Latul memang tak bisa jauh-jauh darinya. Meski sudah jarang terdengar, penyanyi legendaris ini tetap bermusik hingga sebelum ia meninggal dunia.

Doa yang tulus mengiringi kepergian sang penyanyi dari sahabat, keluarga dan rekan musisi. Semangat bermusiknya akan diteruskan oleh generasi muda yang menghargai perjuangan beliau sebagai musisi.

Simak juga video rekomendasi berikut:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading