Sukses

Entertainment

Helmy Yahya Bicara Soal Pentingnya Personal Branding dalam Karier

Fimela.com, Jakarta Citra positif tentu menjadi hal yang sangat penting bagi seorang figur publik. Tak jarang, personal branding yang dibangun menentukan panjangnya karier seseorang, hal yang kemudian dibuktikan oleh presenter kondang Helmy Yahya.

Adik kandung Tantowi Yahya memang sudah memiliki karier yang panjang di industri hiburan, khususnya dunia presenting. Pria asal Sumatera Selatan itu dikenal sebagau Raja Kuis Indonesia. Belakangan, ia juga sempat menjabat sebagai pucuk pimpinan TVRI.

Sederet kesuksesan Helmy Yahya itu memang tak terlepas dari Personal Branding yang ia bangun. Kepada Imam Priyono, mantan presenter TVRI melalui live Instagram di akun @imamproyono_23 lewat tayangan berjudul Who The Hell Are You, Helmy Yahya memberikan resepnya.

"Intinya bahwa semua manusia sebenarnya sudah punya brand," kata Helmy Yahya, Selasa (29/9/2020).

Menonjol di Komunitas

Lebih lanjut, Helmy Yahya menuturkan pada dasarnya, menjadi orang yang menonjol dalam suatu komunitas menjadi faktor penting. Dengan begitu, akan muncul rasa nyaman dalam diri sehingga kemudian menghasilkan rasa percaya diri untuk menunjukkan sesuatu yang terbaik.

"Percayalah, orang yang sukses dalam bidang apapun adalah orang yang terpilih. Kita harus jadi orang yang terpilih itu," ujar Helmy.

Selain itu, faktor lain yang penting guna menunjang personal branding demi keberlangsungan karier ialah memanfaatkan setiap peluang yang ada semaksimal mungkin. Untuk itu, siapa pun harus mampu membuktikan bagaimana cara agar menjadi yang terpilih, kuncinya adalah diferensiasi.

Helmy juga melanjutkan, Personal Branding terbentuk dari sejumlah poin, yaitu prestasi, tingkat pendidikan, penampilan, peristensi, dan integritas. Ia lantas menegaskan, Personal Branding tidak boleh palsu atau dikenal dengan istilah fake.

Sungguh-Sungguh

Tak sampai di situ, menurut Helmy Yahya, Personal Branding harus dibangun atas keahlian yang dimiliki. Makanya, dengan kesadaran atas poin plus yang dimiliki, setiap orang harus bersungguh-sungguh menonjolkan keunggulan yang dimiliki.

"Sukses dibentuk dari kesungguhan. Tidak ada tempat untuk yang setengah-setengah," tegasnya.

Terakhir, namun yang tak kalah penting bagi Helmy Yahya, rahasia Personal Branding adalah koneksivitas. Kemampuan yang dimiliki haruslah diketahui dan tersampaikan pada oleh orang banyak.

Hal yang akhirnya menurut Helmy Yahya mampu membuka peluang-peluang baru untuk bisa terus berkembang.

"Jika tidak bisa melalui diri sendiri, melalui orang lain yang menyampaikan. Maka itu harus terkoneksi dengan komunitas anda untuk menyampaikan," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading