Sukses

Entertainment

Buka Sekolah Online Gratis, Ini Alasan Elvira Devinamira Fokus pada Dunia Pendidikan

Fimela.com, Jakarta Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira baru saja menginisiasi hadirnya sekolah online untuk anak-anak kurang mampu di sebuah daerah di Surabaya. Bersama sang adik, ia menyediakan fasilitas pembelajaran daring untuk mengakomodir siswa-siswa belajar jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Nyatanya, ada alasan tersendiri mengapa ia dan adiknya mau mengeluarkan 'modal' untuk memfasilitasi hal tersebut.

Dalam Fame Talks bersama FIMELA, Kamis (5/11/2020), perempuan 27 tahun itu membeberkan alasannya. Hal tersebut tak terlepas dari pengalaman sang adik yang duduk di bangku SMA yang juga merasakan sendiri rasanya belajar secara daring dalam beberapa bulan belakangan.

"Jadi adik aku masih sekolah, 1 SMA. Mungkin itu yang dia rasakan secara langsung. She actually concern about education yang sekarang sudah berubah zaman sejak pandemi. So I think nggak semua orang bisa berfasilitas seperti gadget, laptop, wifi. Dulu sekolah asal dateng sekolah, tahun ini pakai gadget dan nggak semuanya punya fasilitas itu di setiap rumah," ungkap Elvira Devinamira.

Untuk Generasi Penerus

Lebih lanjut, bagi Elvira, bidang pendidikan merupakan hal fundamental yang harus didapatkan semua orang, termasuk mereka yang kurang mampu secara ekonomi. Ia beralasan, masa depan Indonesia pada dasarnya ada di tangan anak-anak yang saat ini tengah merajut asa di sekolah, termasuk anak-anak yang ia fasilitasi di Surabaya.

"Kalau kita mau negara kita maju yaa basic-nya di education dan education harus dimulai dari kecil. Anak-anak kecil ini kan generasi penerus bangsa. Sebagai orang yang tercukupi, aku juga pengen nanti generasi milenial bisa jadi penerus bangsa," paparnya.

Merujuk Negara Lain

Elvira juga tak memungkiri jika apa yang ia dan adiknya lakukan memang merujuk pada beberapa negara yang sempat dikunjungi. Di beberapa negara, khususnya Eropa, Elvira menilai anak-anak usia dini mendapat porsi lebih dari sisi perhatian dalam hal pendidikan sehingga mampu menciptakan generasi yang pintar.

"Aku sering traveling, aku banyak banget dapat inspirasi dari cara mereka (negara-negara maju) treat the kids, espesially about education. Mereka dari kecil literally tau gimana caranya anak-anak harus pinter. Aku pengin di sini, di daerah terpencil yang kurang punya fasilitas mendapatkan hal yang sama," pungkasnya.

Saksikan Video Menarik Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading