Sukses

Entertainment

3 Fakta MV Debut STAYC yang Kontroversial, Terbukti Menjiplak?

Fimela.com, Jakarta Di penghujung tahun 2020 ini muncul sebuah girl group rookie yang cukup menyita perhatian. Mereka adalah STAYC, yang dibentuk oleh duo produser Black Eyed Pilseung.

Mereka memulai debutnya dengan MV dan single So Bad yang dirilis 12 November 2020 kemarin. MV tersebut telah ditonton lebih dari 6,8 juta kali dan menuai banyak pujian dari fans.

Sayangnya potensi dan hype STAYC terganjal dengan rumor yang kurang sedap. MV perdana mereka diduga menjiplak karya musisi lain, benarkah demikian? Simak beberapa faktanya berikut ini.

Konsep Senada

MV So Bad dikemas dengan beberapa tema dan warna. Ada beberapa adegan yang disorot fans K-Pop, yang menilainya mirip dengan video klip milik Miley Cyrus berjudul Midnight Sky.

Adegan yang dirujuk adalah set suasana hutan di malam hari, dengan beberapa balon dan dekorasi berwarna gelap. Sekilas konsep itu mungkin cukup umum digunakan, tapi jika disandingkan kemiripan keduanya cukup identik secara tema dan beberapa detail di dalamnya.

Permintaan Maaf

Ramai jadi perbincangan di kalangan penggemar, production house yang menggarap MV So Bad angkat bicara. Rigend Films meminta maaf atas insiden tersebut melalui pernyataan terbuka.

"Untuk berbagai properti seperti bola disko, confetti, latar belakang berbahan silver foil dan pepohonan, kami sepakat untuk memakainya sekaligus setelah berdiskusi dengan sutradara dalam proses perencanaan. Kami ingin menekankan jika tidak ada niat untuk menjiplak adegan-adegan itu lewat penataan set," kata perwakilan Rigend Films dilansir dari Allkpop (16/11)

"Banyak properti di atas yang sering kami gunakan untuk memproduksi video musik. Bagaimanapun, kami sadar dan setuju jika kombinasi properti tersebut kontroversial. Kami secara pribadi telah meminta maaf atas ketidaknyamanan yang muncul dari kontroversi ini, termasuk High Up Entertainment,, STAYC dan staff terkait. Kami juga ingin meminta maaf kepada fans dan publik yang telah mengonfirmasi terkait art dan visual yang kami produksi. Kami mohon maaf," lanjutnya. 

Kejanggalan di Mata Fans

Sejumlah fans merasa permintaan maaf tersebut sudah cukup jadi niatan baik dari tim produksi. Namun sebagian lainnya masih merasakan kejanggalan di baliknya.

Hal itu lantaran Rigend Films punya rekam jejak yang sebenarnya cukup mencurigakan. Beberapa waktu lalu mereka juga tersandung kasus serupa saat menggarap MV (G)I-DLE berjudul Oh My God. 

Fans menemukan indikasi bahwa MV tersebut juga memiliki indikasi plagiarisme. Oh My God dalam beberapa adegannya tampak meniru MV FKA Twigs berjudul Cellophane.

Ke depannya fans berharap agensi memberi perlakuan yang lebih hati-hati terhadap STAYC. Grup ini dinilai potensial dengan karakter yang dipunyai, salah satunya low tone salah satu membernya yang jadi ciri khas.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading