Sukses

News & Entertainment

Suara Dion Wiyoko Langsung Serak Usai Jadi Dubber di Film Live-Action Disney's 'Mulan'

Fimela.com, Jakarta Aktor Dion Wiyoko menjadi salah satu pengisi suara bahasa Indonesia di film live-action Disney's 'Mulan' sebagai karakter Honghui. Ia mengaku senang sekali saat pertama kali ditawari projek tersebut.

Namun seusai menjadi dubber Honghui, suara Dion Wiyoko langsung serak. Hal ini lah yang menjadi momen tak bisa dilupakan pria kelahiran Surabaya, 3 Mei 1984 itu.

"Yang memorable setelah ngisi suara, suara saya langsung serak. Dari situ saya belajar banyak, setelah isi suara 1 - 2 jam langsung serak. Karena saya banyak ambil suara dari tenggorakan. Kata pelatih, mengisi suara harusnya pakai suara perut," jelas Dion Wiyoko saat preskon virtual, Kamis (19/11/2020).

Belajar dari pengalaman, Dion Wiyoko mengatakan seharusnya seorang aktor tak hanya belajar akting saja, tetapi juga harus bisa mengolah vokal.

"Aktor memang harusnya ada olah vokal yah. Yang pasti bisa kolaborasi melihat pemain Jet Li, dan aku bisa jadi pengisi suara itu sangat memorable," jelas Dion Wiyoko. "Iyah benar, aktor juga harus belajar olah vokal," timpal Luna Maya di acara yang sama.

Pengalaman Pertama Jadi Dubber

Lebih lanjut pria 36 tahun itu juga mengatakan projek ini merupakan pengalaman pertamanya menjadi dubber. Karena sebelumnya ia hanya fokus berakting.

"Yang pasti ini sangat spesial karena pengalam pertama jadi dubber. Sesuai dengan apa yang aku pikirkan, memang tidak mudah menjadi dubber karena harus mengetahui tone suara dan karakter pemain," jelasnya.

Kesulitan Dion Wiyoko

Pada kesempatan itu, Dion juga mengatakan sempat kesulitan mengisi suara di film live-action Disney's 'Mulan'. Pasalnya ada perbedaan bahasa yang digunakan, dari bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia.

"(Sempat kesulitan) karena masalah suku kata itu. Karena kalau Bahasa Inggris diterjemahkan jadi bahasa Indonesia itu panjang, tapi puji Tuhan semua lancar," tuturnya.

Dion Wiyoko berharap agar para penonton film live-action Disney's 'Mulan' dapat menikmati hasil kerja kerasnya bersama teman-teman lainnya.

Selain Dion Wiyoko, ada juga nama besar lainnya yang mengisi suara film live-action Disney's 'Mulan' versi bahasa Indonesia, seperti Yuki kato sebagai Mulan, dan Luna Maya sebagai Xianniang.

Tak hanya itu, empat penyanyi perempuan berbakat, Yura Yunita, Sivia Azizah, Agatha Pricilla, dan Nadin Amizah, juga akan menghadirkan nuansa spesial dalam lagu ikonik dari film Disney's 'Mulan' dengan lagu Reflection versi mereka.

Live-action Disney’s 'Mulan', ini berkisah tentang prajurit perempuan legendaris dari Tiongkok. Film ini akan tayang pada 4 Desember 2020 mendatang di Disney+ Hotstar.

Sedangkan untuk lagu Reflection versi empat penyanyi perempuan Tanah Air itu sudah bisa didengarkan pada 20 November di platform musik digital.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Irwansyah tak Kesulitan Turuti Ngidam Zaskia Sungkar
Artikel Selanjutnya
Lirik Lagu Mocca, Brand New Day