Sukses

News & Entertainment

Animasi 'Ini Budi' Angkat Tema Bhineka Tunggal Ika, Inul Daratista Ikut Isi Suara

Fimela.com, Jakarta Penyanyi dangdut Inul Daratista ikut mengisi suara di serial animasi anak yang berjudul Ini Budi. Serial tersebut memiliki misi untuk memberikan tontonan tentang kebhinekaan sejak usia dini.

Dalam serial tersebut, Inul Daratista mengisi suara sebagai karakter Nur, ibu penjaga warung yang tempatnya kerap kali dijadikan basecamp untuk anak-anak berkumpul.

Saat konferensi pers secara virtual, Senin (5/4/2021), Inul mengungkapkan alasannya mau terlibat di serial ini. Menurutnya, keputusan ikut bergabung bukan hanya untuk mengasah kemampuan akting, tetapi ia ingin anak-anak Indonesia ke depannya bisa menghargai pendapat orang lain.

"Karena, film animasi anak di Indonesia masih sangat kurang, apalagi yang bertema tentang kebhinekaan. Aku senang terlibat, di sini. Karena serial animasi ini bisa mengedukasi anak-anak kita tentang kebhinekaan di Indonesia," kata Inul Daratista.

Belum Melakukan Dubbing

Lebih lanjut Inul Daratista mengatakan sampai saat ini dirinya belum melakukan rekaman suara untuk serial Ini Budi, dikarenakan jadwal pekerjaannya masih sangat padat. Meski begitu, ia sudah melakukan berbagai persiapan agar suaranya tidak mengecewakan para penonton.

"Sampai saat ini belum melakukan dubbing. Beberapa hari ke depan ya rekaman suara jadi Bu Nur, kalau sekarang acara tv lagi padat banget, ini aja mau siaran langsung di Indosiar," kata Inul Daratista.

"Kalau persiapannya lebih ke bagaimana penjiwaan aja. Kayak mau nyanyi saja. Jadi masuk ke dalam cerita, jadi ga asal isi suara aja. Tapi dalami dulu, bagaimana caranya dapat chemistry dengan anak-anak di warung," tambahnya.

Pengambilan Nama Ini Budi

Lewat serial garapan Indika Foundation, Paragon Pictures berkolaborasi dengan Ideosource Entertainment dan Inibudi.org ini nilai luhur Pancasila kembali dikenal dan dipahami anak-anak Indonesia.

"Pertama, hadirnya sosok anak-anak yang walau datang dari latar belakang yang beragam, namun dapat berteman dengan asyiknya. Berteman baik tanpa memandang latarbelakang ini menjadi isu yang belakangan kita rindukan terjadi di Indonesia. Kedua, dalam ceritanya memuat nilai-nilai baik seperti empati, tidak berburuk sangka, hingga toleransi. Nilai-nilai ini sesuai dengan misi yang diusung oleh Indika Foundation. Nilai-nilai tersebut dapat menjadi bekal positif bagi penonton anak-anak saat kelak hidup di tengah masyarakat," jelas Ayu Kartika Dewi, Managing Director Indika Foundation.

Produser Paragon Pictures, Ellen Xie mengungkapkan alasan utama lahirnya Ini Budi adalah perlunya pengetahuan tentang keberagaman, toleransi dan kebhinekaan dari sejak usia dini.

"Keunikan Indonesia adalah keberagamannya. Sayangnya kita belum mempunyai idola anak yang memberikan contoh bagaimana keberagaman tersebut sebenarnya membuat kehidupan jadi jauh lebih berwarna dan saling melengkapi. Di sini, kami harapkan," katanya. "Ini Budi dapat menjawab kegelisahan tersebut dan dapat menjadi idola baru serta menjadi warisan untuk anak cucu kita, tambahnya.

Sementara itu, Najelaa Shihab, salah satu orang yang konsen terhadap masa depan anak Indonesia menjelaskan bahwa penyampaian nilai-nilai pendidikan lewat sebuah film akan mudah menceritakan keanekaragaman Indonesia.

"Saya yakin kita semua percaya pada kekuatan cerita. Kita juga percaya bahwa sinema/film punya kekuatan untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan. Lewat film apalagi film animasi, anak-anak dipaparkan dengan situasi-situasi yang belum tentu dialami sehari-hari tapi sebetulnya penuh dengan nilai-nilai positif. Dengan serial Ini Budi ini, anak-anak dilatih untuk mengembangkan empati, untuk berjumpa dengan berbagai karakter yang menambah keluasan sudut pandangnya, untuk mengenal indonesia dengan segala keunikan dan keragamannya," jelas kakak kandung Najwa Shihab yang juga pendiri Inibudi.Org.

Serial animasi Ini Budi mengisahkan tentang persahabatan 5 anak berusia 9 tahun bernama Budi, Iwan, Wati, Beta, dan Ni Luh, yang berbeda suku, budaya, bahasa, sosial, ekonomi, dan agama, serta personaliti masing-masing anak yang berbeda. Keragaman inilah yang membuat menarik di setiap episode seriesnya.

Serial animasi Ini Budi dapat disaksikan secara gratis melalui akun instagram @kartuninibudi dan chanel youtube kartun ini budi, pada tanggal 13 April 2021, bertepatan dengan hari pertama puasa.

Saksikan Video Menarik Berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
Ajakan Opick untuk Kembali Mengingat Allah Lewat Lagu Sang Pengasih
Artikel Selanjutnya
Lirik Lagu My Day TAEMIN