Sukses

Entertainment

Oki Setiana Dewi Ajak Perempuan Mandiri Secara Finansial

Fimela.com, Jakarta Sebagai perempuan, dalam kaidahnya memang bukan menjadi tulang punggung dalam sebuah keluarga. Namun, menurut Oki Setiana Dewi bukan berarti bahwa seorang perempuan masa kini tak boleh memiliki kemandirian dalam finansial.

"Saya sering menemui para wanita yang kesulitan finansial. Memang, wanita bukan tulang punggung keluarga, namun kenyataannya ujian-ujian kehidupan membuat para perempuan juga sebaiknya memiliki penghasilan sendiri," kata Oki Setiana Dewi di laman Instagramnya, okisetianadewi, baru-baru ini.

Oki menyebutkan betapa banyak perempuan yang akhirnya harus ikut memeras keringat karena ayah atau suaminya tengah menghadapi ujian, semisal sakit ataupun kena PHK. Karenanya, seorang perempuan yang memiliki ilmu akan lebih bisa menghadapinya.

"Dalam perjalanan hidup, terkadang mau tidak mau perempuan dihadapkan pada situasi, ayah atau suami sakit atau kena PHK. Ia harus berpikir untuk selain menghidupi diri juga suami. Itulah mengapa perempuan harus bisa berdikari secara mandiri secara finansial," papar Oki Setiana Dewi.

Bikin Komunitas

Hal ini yang menjadi modal pemikiran Oki Setiana Dewi ketika membesut komunitas Sahabat Khadeejah. Dikatakan olehnya, Komunitas Sahabat khadeejah berdiri karena spirit ingin menghadirkan sosok Khadeejah, istri Nabi Muhammad yang juga seorang pebisnis, di masa kini.

Oki sebagai founder Komunitas Sahabat Khadeejah iingin supaya kaum perempuan juga memiliki penghasilan sendiri hingga selain bisa mencukupi kebutuhan diri, juga selanjutnya bisa berderma sebanyak-banyaknya.

"Dengan adanya kemapanan finansial, seorang perempuan jadi bisa berderma, bersedekah untuk orang lain," singkat Oki.

Belajar Ilmu

Belajar dari pesantren tahfidz yang sudah didirikannya selama 5 tahun terakhir bernama Maskanul Hffadz, Oki Setiana Dewi mengatakan bahwa untuk menjalankannya memerlukan biaya. Darimana biaya-biaya itu? Salah satunya dari bisnis yang dijalankan.

Karenanya, ia bersama komunitas Sahabat Khadeejah ingin belajar bagaimana cara berdagang atau berbisnis yang baik dan benar. "Saya bukan orang yg ahli. Saya masih perlu banyak belajar. Saya tau banyak sahabat-sahabat saya di luar sana mengeluarkan uang jutaan rupiah demi mengikuti kelas-kelas bisnis," ucapnya.

"Kalau ada komunitasnya, guru-guru ahli dikumpulkan didalamnya tentu akan sangat memudahkan kita mengambil ilmunya lalu jadilah kita perlahan menjadi pedagang handal. Di Sahabat Khadeejah ini nanti hanya membayar Rp 99 ribu, dapat pelatihan seterusnya. Seminggu sekali webnar, dilatih mentor berpengalaman. diberikan modul jadi pedagang ysng sukses," paparnya.

Oki pun berharap agar Sahabat Khadeejah bisa mnejadi wadah untuk menuai banyak kebaikan. "Ga cuma melatih uuntuk jadi pedagang, tapi juga sedekah. Satu sisi kita belajar, satu sisi kita akan berderma. Semoga bisa menjadikan kebaikan, tidak hanya secara finansial, tapi juga ilmu," ujarnya.

"Di dalamnya juga akan banyak event kebaikan yang sangatcocok untuk sahabat yang baru berhijrah maupun yang ingin mendekatkan diri kepada Allah karena di dalamnya akan sangat banyak event kebaikan seperti murojaah dan bermuhasabah diri bersama-sama," tandas Oki.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading