Sukses

Entertainment

Tak Cuma Andalkan Wajah, 11 Idol K-Pop Ini Juga Produser dan Penulis Lagu Sukses

Fimela.com, Jakarta Dunia K-Pop diwarnai dengan segudang talenta emas yang sukses mendunia. Namun banyak dari mereka yang tak meraih semua itu dengan instan, dengan fase-fase yang telah mereka lewati.

Dari masa audisi biasanya mereka sudah punya modal untuk dilirik agensi. Selanjutnya, masa trainee yang penuh dedikasi jadi pematangan talenta mereka untuk dipersiapkan masuk ke industri.

Di kalangan fans sendiri, imej seorang idol K-Pop mungkin lebih mengarah kepada pesohor dan penampil. Namun di balik itu ada juga bakat-bakat yang secara brilian menciptakan karya-karya hebatnya sendiri, seperti para idol yang juga penulis lirik, komposer maupun produser keren ini.

Soyeon (G)I-DLE

Soyeon (G)I-DLE punya perpaduan visual dan bakat yang hebat. Ia banyak berkontribusi dalam proses menulis lirik dan aransemen lagu-lagu, baik untuk grupnya maupun artis lain. Dengan bakatnya, netizen memberikan 522 vote kepada Soyeon sebagai salah satu idol K-Pop berbakat.

B.I

B.I sudah lama jadi andalan untuk soal songwriting dan producing lagu. Di grup lamanya, iKON, B.I telah menciptakan ratusan lagu, termasuk salah satu yang tersukses yakni Love Scenario.

Kini Kim Hanbin menempuh jalur solo dan mendirikan label musiknya sendiri. Ia mengeksplor lebih jauh kemampuannya sebagai solo artist lewat jalur kariernya saat ini.

Sunmi

Pertama kali nama Sunmi dikenal sebagai memberWonder Girls. Namun setelah grupnya bubar, ia tak menghilang begitu saja dari dunia hiburan.

Ia bahkan menulis lirik dan memproduksi lagunya sendiri. Inilah yang membuatnya tetap sukses menjadi penyanyi solo sampai sekarang. Sebanyak 250 vote diberikan netizen kepada Sunmi sebagai bukti, jika ia memang termasuk salah satu idol K-Pop berbakat.

Zico

Bakat yang dimiliki Zico memikat banyak orang. Berawal dari Block B, ia berani menampilkan karya-karyanya untuk karier solo maupun para artis lain.

Menariknya, ia tak pernah berkeinginan menjadi seorang produser. Namun, ketika coba-coba, ia baru menyadari jika dirinya punya bakat di bidang tersebut. Dari kerja kerasnya, netizen sepakat memberikan 748 vote kepadanya sebagai idol K-Pop yang musikalitasnya layak dikagumi.

Woozi Seventeen

Di balik lagu-lagu hits SEVENTEEN, tak lepas dari seorang Woozi. Ia dikenal sebagai master komposer dan produser hampir di seluruh lagu-lagu terkenal SEVENTEEN. Wajar jika pada akhirnya Woozi mendapatkan 347 vote dari netizen sebagai idol K-Pop yang sangat berbakat di bidangnya.

G-Dragon

Tiga belas tahun berlatih sebagai trainee, cukup membuktikan bahwa deteriminasi G-Dragon dalam berkarya tidak main-main. Ia pun akhirnya debut dengan BigBang, dengan ratusan lagu yang sudah ia ciptakan.

Artis yang satu ini memang lebih dikenal sebagai fashion icon dan leader grupnya. Namun untuk karya ia mendapat 923 vote dari para penggemar.

Hui Pentagon

Lagu-lagu Pentagon banyak berasal dari tangan dingin Hui sebagai produser sejak debut 2016. Musikalitasnya bahkan tak jarang menuai pujian beragam pihak. Berkat kemampuannya sebagai produser sekaligus idol K-Pop, Hui mendapatkan 426 vote dari netizen.

Song Mino

Selanjutnya ada Song Mino WINNER yang juga tak hanya punya aura yang karismatik, tetapi juga begitu berdedikasi dalam menulis dan memproduksi lagu. Ia bahkan menulis dan memproduksi album solonya sendiri, XX. Hal inilah yang bikin netizen memberikan 316 vote kepadanya sebagai idol K-Pop dengan segudang bakat bermusik.

RM BTS

ARMY tentu tahu peran vital RM BTS di balik hampir keseluruhan lagu-lagu BTS. Ia juga sukses merilis mixtape-nya sendiri berulang kali. Karya-karyanya pun sukses mendunia.

Itulah kenapa RM juga dikenal dengan kemampuannya sebagai produser andal, yang bahkan mampu memikat banyak artis internasional untuk mengajaknya berkolaborasi. Atas pencapaian ini, sebanyak 8441 vote kepada pemilik hak cipta ratusan lagu ini.

IU

Bertubuh mungil, wajah imut dan bersuara emas, rasanya memang jadi visual komplit IU sebagai seorang idol K-Pop. Meski begitu, ia enggan disemati label kurang bertalenta. Sebaliknya, berkat bakat bermusik yang dimilikinya, ia mampu menulis lirik sendiri untuk 50 lebih lagu-lagunya. IU pun mendapatkan 2774 vote dari netizen atas musikalitasnya sebagai idol K-Pop bertalenta.

V BTS

Terakhir ada member BTS lain yang masuk di daftar ini, yakni V alias Kim Taehyung. Secara visual, ketampanan V BTS memang sudah kerap menuai pujian, termasuk berbagai media internasional.  

Namun ia tak puas diri dengan label tersebut. Proses belajar yang dilakukannya secara perlahan selama beberapa tahun terakhir ini, mampu membuahkan hasil. Salah satu lagu terkenal dalam album BTS, BE, yaitu Blue & Grey ternyata hasil produksinya. V juga telah merilis beberapa lagu solo, seperti Winter Bear, hingga Sweet Night untuk OST drama hits, Itaewon Class. 

Simak juga video menarik berikut ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading