Sukses

Parenting

5 Tanda Kehamilan yang Sering Tidak Disadari, Catat Ya!

Fimela.com, Jakarta Kehamilan adalah hal yang seringkali dinanti. Banyak diharapkan bagi pasangan yang sudah menikah. Kehadiran buah hati dipercaya dapat membuat semakin semarak dalam rumah tangga. Nah, beberapa perempuan seringkali tidak menyadari jika sedang hamil.

Tanda kehamilan ini tidak pasti namun seringkali terjadi. Sebenarnya sangat penting bagi calon ibu untuk mengetahui tanda kehamilan. Karena dengan tahu kehamilan lebih awal, maka dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Gangguan kehamilan karena masalah kesehatan pun bisa segera diatasi jika tahu lebih awala tentang kehamilan tersebut.

Berikut adalah tanda kehamilan yang seringkali tidak disadari. Simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Terdapat perubahan pada payudara

Saat hamil terdapat perubahan hormon, hal inilah yang menyebabkan payudara terlihat semakin besar dan sensitif. Selain itu, saat hamil kulit puting payudara semakin terlihat gelap dan menonjol.

 

2. Susah buang air besar

Hormon kehamilan dapat menyebabkan konstipasi. Hal ini mempengaruhi metabolisme tubuh. Salah satu tanda kehamilan adalah jadi susah buang air besar. Penyerapan cairan dan makanan saat hamil semakin meningkat, nah hal inilah yang menyebabkan susah buang ai besar.

Untuk mengatasi konstipasi ini saat hamil pastikan mengonsumsi buah dan sayuran yang banyak. Selain itu mengonsumsi air putih yang banyak pun dapat mengatasi masalah ini.

 

3. Mudah lelah dan sering mengantuk

Hal ini sering tidak disadari saat ibu hamil. Tanpa sebab yang jelas ibu hamil mudah lelah dan sering merasa mengantuk. Seakan-akan mengalami anemia, padahal tekanan darahmu normal. Ini diakibatkan hormon progesteron dan perubahan aliran darah sehingga juga mempengaruhi metabolisme.

 

4. Lebih sering buang air kecil

Saat hamil salah satu tanda yang tidak disadari adalah mudah buang air kecil. Hal ini disebabkan tekanan disebabkan oleh pembesaran rahim yang terletak di belakang kandung kemih, maka wanita hamil akan lebih sering buang air kecil.

 

5. Mual

Meskipun ini gejala umum, namun banyak perempuan mengabaikannya dan menganggap gangguan pencernaan seperti biasa. Peningkatan hormon hCG di minggu ke-6 hingga ke-14 ini akan membuat perempuan agak kewalahan. Rasa mual dan muntah ini sering terjadi di pagi hari, dan akan membaik setelah minggu ke-22 kehamilan.

Well, demikian 5 tanda kehamilan yang sering diabaikan dan tidak disadari. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading