Sukses

Parenting

Ciptakan Momen Berkualitas Bersama Buah Hati Dengan Cara Ini

Mom, apakah kamu seorang wanita yang memiliki banyak peran dan aktivitas? Di zaman yang serba modern ini memang semakin banyak wanita yang menjalani berbagai peran seperti menjadi wanita karir, seorang ibu, istri, bahkan membagi waktu bersama teman-teman.

Kesibukan tersebut bukan hanya milik wanita pekerja, ibu rumah tangga juga. Nah, sesibuk apapun kamu sebagai seorang wanita, kamu harus meluangkan waktu bagi anak-anak agar si kecil merasa diperhatikan.

"Seorang ibu harus mampu menjalin interaksi atau berpartisipasi aktif dalam tiap momen-momen keterikatan keluarga sehingga kehadiran ibu dirasakan sepenuhnya oleh anak dan tercipta kebersamaan yang berkualitas," ujar Psikolog, Anna Surti Ariani S,Psi, M.Si, Psi saat ditemui dalam acara Together, more Lotte Choco Pie di Jakarta.
Foto: copyright Vemale.com/Anisha Saktian Putri
Anna pun menambahkan, memang menjadi tantangan terbesar ketika lelah bekerja tapi kita harus meluangkan waktu untuk anak. Namun kita harus tetap menemani sang anak demi kembang tumbuhnya.

"Jadi ketika kita sedang menemani anak bermain jangan hanya hadir tapi ikut berinteraksi, ibu dapat mendengarkan anak dengan perhatian penuh, menyadari dan mengendalikan emosinya, merespon dan bukan sekedar bereaksi, menerima anak tanpa menghakimi, dan bersikap penuh kasih sayang. Jadi sebagai ibu kita harus menciptakan kebersamaan yang berkualitas," tambahnya.

Lalu bagaimana cara kita menghabiskan waktu berkualitas bersama anak? Anna menjelaskan, penting bagi kita terlibat ketika anak bermain, mengajak anak beraktivitas sambil mengomentari hal positif serta memberikan sapaan hangat pada anak. Selain itu, kamu bisa mengajaknya untuk beraktivitas yang penuh interaksi seperti memasak, cerita positif sebelum anak tidur agar mimpinya lebih indah, serta kegiatan yang menyehatkan seperti berolahraga. Dan terpenting ialah tidak sibuk saja memainkan handphone saat berada bersama anak.

Menjaga kebersamaan keluarga menjadi prioritas karena keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak-anak. "Perlu diingat, melalui keluarga anak belajar segalanya, seperti menambah wawasan, menerima rasa nyaman serta kasih sayang hingga mengenal bermacam-macam nilai sosial sebagai modal tumbuh kembang anak," tutup Anna.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading