Sukses

Parenting

10 Cara Agar Bisa Hamil Anak Kembar Perempuan

Bagi beberapa wanita, bisa hamil, melahirkan dan punya anak kembar adalah pengalaman yang sulit dilupakan. Pengalaman bahagia yang tak akan bisa diganti dengan apa pun. Inilah yang kemudian membuat banyak wanita mengharapkan bisa hamil anak kembar. Bukan hanya lucu saat dipandang, punya anak kembar juga jadi hal unik dan beda dari yang lainnya, apalagi jika kamu mengharapkan anak kembar perempuan.

Dari data umum medis, sebanyak 33 kehamilan, ada 1 wanita yang bisa hamil dan melahirkan anak kembar. Hal ini menunjukkan bahwa dalam 20 tahun terakhir, ternyata ada peningkatan kelahiran anak kembar sebanyak 74 persen, baik itu dilakukan dengan cara program atau treatment kesuburan.

Anak kelahiran kembar yang paling umum adalah anak kembar tidak identik (fraternal twins). Anak kembar identik lebih jarang terjadi dan sulit diprogram karena ada banyak faktor pendukung yang harusnya ada ketika kamu ingin hamil anak kembar.

Jika ingin tahu bagaimana cara agar bisa hamil anak kembar perempuan, ini beberapa tips yang bisa kamu usahakan.

Tips hamil anak kembar perempuan/copyright Shutterstock.com

1. Ketahui riwayat keluarga kembar
Apakah ada garis keluarga atau riwayat keluarga yang punya gen keturunan kembar? Karena jika ada, ini akan memudahkan atau memberi peluang lebih besar melahirkan anak kembar dibanding wanita yang tidak punya gen keturunan anak kembar.

2. Bertambahnya usia memperbesar kemungkinan hamil bayi kembar
Penelitian menemukan bahwa wanita yang hamil di usia tua, punya potensi besar hamil anak kembar karena tubuh akan lebih sering melakukan pelepasan lebih dari satu sel telur selama ovulasi saat usia bertambah. Ini jugalah alasan mengapa sebanyak 17 persen wanita usia 45 tahun bisa melahirkan anak kembar. Tapi tentu saja, risiko komplikasi kehamilan juga lebih besar seiring bertambahnya usia.

3. Menaikkan berat badan
Jika kamu punya postur tubuh kurus, naikkan berat badan. Menaikkan berat badan adalah salah satu saran yang akan diberikan dokter jika kamu ingin hamil anak kembar. Penelitian juga menunjukkan bahwa kenaikan berat badan bisa memperbesar kesempatan hamil anak kembar karena kesuburan area reproduksi juga bertambah.

Wanita dengan berat badan lebih (BMI 30) punya potensi lebih besar hamil anak kembar dibanding yang kurus. Begitu pula wanita yang tinggi, punya kesempatan hamil anak kembar lebih besar dibanding wanita berbadan pendek.

4. Makan lebih banyak asam folat
Perhatikan gizi yang kamu konsumsi, perbanyak makanan tinggi asam folat untuk mendukung reproduksi yang subur dan potensial untuk hamil anak kembar. Konsumsi asam folat akan meningkatkan hormon yang mendukung perkembangan sel telur lebih sehat dan pelepasan sel telur yang subur.

5. Lebih banyak olahan susu
Begitu juga untuk memperbanyak minum susu atau makanan olahan susu seperti yogurt dan keju. Hormon yang dibawa susu sapi ternyata bisa meningkatkan kesuburan sehingga mudah hamil anak kembar.

Usia tua memeprbesar potensi hamil anak kembar perempuan/copyright Shutterstock.com

6. Tunggu hingga usia pertengahan 30 tahun
Jika kamu tidak sedang buru-buru harus punya anak cepat, kamu bisa menunggu hingga pertengahan usia 30an. Karena wanita berusia tua lebih besar potensinya hamil anak kembar, ini bisa kamu manfaatkan. Jangan lupa juga untuk menjalankan program kesuburan yang akan mendukung hamil anak kembar.

7. Makan lebih banyak ubi
Ubi mengandung senyawa yang bisa menyuburkan area reproduksi tubuh, terutama kulit ubi. Ubi bisa dijadikan menu harian, cukup sikat bersih kulit ubi kuning atau ubi manis hingga bersih dari tanah, kemudian rebus atau kukus hingga matang, makanlah langsung dengan kulitnya.

8. Lebih sering bercinta
Agar bisa cepat hamil, maka lebih seringlah bercinta, ketahui posisi bercinta seperti apa yang bisa mendukung agar bisa hamil anak kembar, seperti posisi bercinta menyamping dan lain sebagainya.

9. Cek sperma perempuan
Sperma bisa dibedakan, antara sperma perempuan dan laki-laki. Sperma laki-laki hanya bertahan 24 jam dan berenang lebih cepat, sedangkan sperma perempuan punya pergerakan berenang yang lambat namun bisa hidup hingga 72 hari. Sperma perempuan akan menunggu hingga sel telur matang baru bisa membuahi, sedangkan sperma laki-laki sudah mati di tengah jalan.

10. Makan makanan asam sebelum tanggal ovulasi
Jika kamu sudah menandai kapan akan ovulasi, maka bersiap-siaplah untuk makan beberapa makanan asam. Makan makanan asam akan membatu menciptakan suasana kondusif untuk sperma perempuan bertahan hidup atau hidup lebih lama.

Tentu saja, keputusan apakah kamu bisa hamil anak kembar perempuan hanya ada di tangan Tuhan, ya ladies. Tapi tidak ada salahnya mengusahakan diri dan terus berdoa sehingga bisa dikaruniai buah hati kembar sesuai harapan. Semoga berhasil ya ladies.

(vem/feb)
;
Loading