Sukses

Parenting

Melahirkan Tidak Akan Sakit dengan Hypnobirthing. Benarkah?

Bagi seorang wanita yang baru saja hamil untuk pertama kalinya, mungkin sempat memikirkan bagaimana sakitnya nanti ketika melahirkan. Mungkin ibu-ibu pernah mendengar kalau dengan hypnosis ibu tidak akan merasakan sakit saat melahirkan. Apakah itu benar atau hanya rumor belaka?

Dalam laman kesehatan mayoclinic.com, Roger W. Harms, M.D. menjelaskan bagaimana cara kerja hypnobirthing. Hypnobirthing adalah salah satu metode yang menggunakan self-hipnosis atau menghipnosis diri sendiri dan teknik relaksasi untuk membantu ibu siap, tetap fokus, dan menghilangkan kecemasan, perasaan takut serta sakit di saat ia melahirkan.

Jika Ibu tegang atau takut saat melahirkan, hormon stress akan mengalir ke kaki, jantung dan otak dan terasa seperti membuang-buang energi. Jadi, hypnobirthing bisa digunakan untuk melawan proses tadi untuk menghindarkan keluarnya hormon stress, yang mana dapat membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Latihan hypnobirthing biasanya dianjurkan untuk ibu hamil yang telah berada di trimester ketiga kehamilan. Ada juga variasi lainnya yang diajarkan kepada peserta latihan untuk menggunakan kombinasi music, visualisasi, pikiran positif dan kata-kata yang bisa merelaksasi tubuh dan mengontrol sensasi hebat yang ditimbulkan saat melahirkan.

Penelitian yang meneliti tentang manfaat hypnobirthing memang masih cukup sedikit. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 menemukan sedikit bukti yang menunjukkan bahwa teknik hypnosis diri sendiri itu efektif. Sedangkan sebuah penelitian pada tahun 2006 menemukan bahwa hypnobirthing dapat mengurangi pemakaian obat-obatan saat melahirkan.

Sepertinya, tidak ada salahnya untuk berpikiran positif dan memotivasi diri sendiri kan, Bu.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading