Sukses

Parenting

Berbicara dengan Anak Perempuan Anda tentang Menstruasi

Apakah anda memiliki putri yang menginjak usia remaja namun anda tidak tahu bagaimana berbicara tentang menstruasi dengannya? Berikut adalah tips yang dilansir oleh kidshealth.org untuk membantu anda.

1.Jawab pertanyaan anak dengan jujur dan terbuka.
  Beritahukan pada anak bahwa anda anda akan selalu ada kapanpun ia ingin bertanya tentang menstruasi. Apabila anak bertanya tentang pertanyaan yang tidak dapat anda jawab, ajaklah dokter anda untuk menjelaskan pada anak anda.

2.Apabila anak anda sedang menginjak dewasa, berbicaralah sekarang.
  Segera setelah putri anda berumur 8 tahun, mulailah bericara dengannya tentang pubertas. Anda dapat memulai pembicaraan dengan menceritakan pengalaman ketika anda seumuran dirinya.

3.Ajaklah putri anda berbicara tentang menstruasi sebelum ia mengalaminya.
  Apabila anak belum mengerti tentang menstruasi sebelum menstruasi sebelum ia mengalaminya, besar kemungkinan bahwa ia akan terkejut dengan darah yang ia keluarkan. Sebagian besar remaja putrid mengalami menstruasi pada umur 12 atau 13 tahun, sehingga akan lebih baik untuk berbicara dengan putri anda ketika berumur 9 tahun.

4.Lakukan praktik.
  Remaja putri lebih tertarik pada hal-hal yang lebih praktik. Anda dapat memulai dengan mengajaknya membeli bra ketika ia mendapat menstruasi pertamanya.

5.Berikan pengertian tentang efek dari menstruasi.
  Sebagian remaja putri akan mengkhawatirkan mengenai bentuk tubuh mereka setelah mengalami menstruasi, seperti ukuran payudara mereka yang membesar.

Oleh: Nastiti Primadyastuti


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading