Sukses

Parenting

Olahraga dan Kesuburan

Secara umum, olahraga memiliki banyak manfaat positif dalam menjaga kesehatan, berat badan, meredakan stress, dan masih banyak lagi lainnya. Tapi tahukah anda, olahraga yang dilakukan secara sembarangan dapat menimbulkan masalah terkait kesuburan. Apa sajakah hal-hal dalam berolahraga yang memicu masalah kesuburan? Simaklah sebab-sebab yang disampaikan tabloid duniafitness.com berikut ini:

1. Peningkatan Suhu
Sperma baru dapat diproduksi secara optimal pada suhu 34-36 derajat celcius. Jika suhu bertambah satu derajat saja, maka produksi sperma dapat terhenti dan sperma yang telah ada perlahan-lahan akan mati.

Saat berolahraga seperti bersepeda, menggunakan celana yang terlalu ketat dan seringnya terjadi gesekan dengan sadel dapat meningkatkan suhu pada organ seksual.

2. Tekanan Berlebihan
Saat bersepeda, berat badan akan bertumpu pada perineum, yaitu daerah di antara anus dan skrotum yang memiliki banyak pembuluh darah dan sel syaraf. Tekanan berlebihan pada bagian ini akan mengakibatkan mati rasa.

Mati rasa sendiri merupakan indikasi tersumbatnya aliran darah ke penis yang merupakan penyebab utama impotensi.

Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memilih sadel yang disesuaikan dengan karakter tubuh.

3. Trauma
Terjadinya nyeri pada testis yang terlalu lama, memar, dan bengkak harus segera diatasi secara medis. Karena jika tidak, testis mungkin akan mengalami atrofi atau penyusutan ukuran yang dapat menyebabkan masalah kesuburan

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading