Sukses

Parenting

Mengatasi Cradle Cap Pada Bayi

Halo, Bunda. Apakah Anda sedang bahagia merawat buah hati yang baru lahir? Jika Anda adalah ibu muda, maka Anda perlu tahu cara merawat bayi salah satunya mengenai kulit bayi yang sensitif.

Cradle cap adalah penyakit kulit yang terjadi di area kepala atau wajah bayi. Cradle cap yang mempunyai nama medis seborrheic dermatitis ini adalah suatu kondisi di mana timbul kulit yang keras, berminyak, dan bersisik. Menurut laman parents.com yang menjadi penyebabnya adalah terlalu aktifnya kelenjar minyak di bawah rambut dan kulit.

Untuk mengatasinya gunakan shampo yang mengandung selenium. Larutkan shampo dalam air lalu gosok ke kepala bayi. Kemudian sikat dengan pelan menggunakan sikat khusus bayi, begitulah saran dari laman healthguidance.org. Penggunaan minyak bayi sebelum dishampo bisa membantu melemaskan kulit bayi.

Walaupun cradle cap tidak membuat gatal tapi rupanya yang sedikit menakutkan bisa membuat ibu yang yang tidak paham jadi panik. Bunda, Anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini bisa disembuhkan dengan perawatan yang baik dan ini normal terjadi pada usia satu tahun setelah lahir.

Sebagai tambahan, penangan yang lebih dini bisa mencegah cradle cap menyebar ke bagian tubuh bayi yang lain. Kalau belum sembuh juga temui dokter untuk membantu Anda dan si bayi.

Oleh: Hening

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading