Sukses

Parenting

8 Langkah Sederhana untuk Mengasuh Bayi (I)

Mengasuh bayi adalah suatu kegiatan yang seru dan sangat menantang. Jika Bunda baru saja memiliki bayi, coba ikuti 8 langkah sederhana untuk mengasuh bayi berikut, seperti dilansir dari ivillage.com:

- Jaga diri Bunda sendiri
Mengasuh bayi itu memerlukan usaha yang benar-benar Bunda, karena Bunda kali ini merawat dua orang sekaligus, yaitu diri Bunda sendiri dan si bayi. Kelelahan pasti akan dialami oleh Bunda, apalagi pada awal-awal bayi baru lahir.

Yang perlu lakukan agar Bunda tidak lelah, adalah dengan menyiapkan dan meluangkan waktu sejenak untuk merilekskan diri. Mintalah tolong pada keluarga untuk menjaga si kecil sejenak.

Saat si kecil dijaga oleh orang lain, lakukan hal-hal yang Bunda suka, misalnya mandi selama satu jam atau berjalan-jalan di sekitar rumah selama 20 menit. Lakukan hal ini secara rutin untuk menjaga semangat Bunda dalam merawat si kecil.

- Tidak perlu terburu-buru
Jika si kecil baru saja lahir, Bunda memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan si kecil. Misalnya saat memberikannya ASI atau susu formula, bisa saja si bayi menolak.

Tidak usah terburu-buru dan lakukan apa yang ingin Bunda lakukan perlahan-lahan. Bisa saja si bayi menolak karena alasan lain. Amati petunjuk yang diberikan si kecil. Saat Bunda berhasil melakukannya, Bunda akan merasakan sensasi yang luar biasa.

Masih ada enam tips lagi Bunda, simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading