Sukses

Parenting

Pasca Operasi Caesar: Kenali Dulu Gejala Ini Sebelum Melakukan Pemijatan

Mungkin Anda yang telah menjalani perawatan pasca operasi caesar merasa membutuhkan relaksasi dan kenyamanan setelah beberapa lama merasakan sakitnya pasca operasi. Bagi Bunda yang terbiasa dengan pemijatan pastinya ingin segera untuk dipijat.

Namun, tunggu dulu nih Bunda, tetap harus ada yang diperhatikan sebelum Bunda meminta untuk dipijat.Dilansir dari babycenter.in, pijatan setelah melahirkan, baik normal maupun melalui operasi caesar, sangatlah baik untuk dilakukan.

Banyaknya manfaat yang dirasakan setelah pijatan dilakukan membuat para ahli menyarankan ibu-ibu yang melahirkan untuk melakukan pemijatan secara rutin.

Akan tetapi, tidak semua ibu diperbolehkan untuk melakukan pemijatan. Hal ini dikarenakan ada faktor-faktor yang akan membahayakan tubuh jika pemijatan tetap dilakukan.

Pijatan dapatlah menjadi sesuatu hal yang beresiko jika Anda mempunyai masalah seperti di bawah ini:

•Masalah pada kulit, seperti ruam, kulit yang melepuh, bisul, dan eksema.
•Penyakit komplikasi
•Tekanan darah tinggi
•Hernia

Sudah mengerti, kan Bunda, apa saja yang dapat menghalangi Bunda untuk tidak melakukan pijatan pasca operasi. Jika Bunda memiliki atau mengidap penyakit seperti di atas, ada baiknya Bunda untuk tidak melakukan pemijatan.

Namun, jika Bunda masih menginginkan untuk dipijat, Bunda dapat menghubungi dokter untuk meminta kepastian maupun konfirmasi perihal pemijatan tersebut. Biasanya, Bunda akan diberikan izin untuk melakukan pemijatan dengan syarat-syarat yang diberikan oleh dokter.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading