Sukses

Parenting

Informasi Lengkap Mengenai Vaksin DTaP, Salah Satu Imunisasi DPT (I)

Vaksin DTaP adalah salah satu jenis imunisasi DPT. Vaksin DTaP atau vaksin TDaP ini memiliki komponen yang sama persis dengan vaksin DPT biasa, namun vaksin untuk mencegah penyakit pertusis bersifat aseluler atau tidak memiliki sel.

Seperti dilansir dari en.wikipedia.org, vaksin DTaP ini kontras sekali dengan vaksin DPT karena vaksin DPT menggunakan sel secara utuh. Keunggulan vaksin yang aseluler ini adalah vaksin aseluler dapat menggunakan antigen pilihan dari patogen pertusis untuk digunakan dalam penginduksian imunitas tubuh.

Karena vaksin DTaP ini menggunakan antigen yang lebih sedikit daripada vaksin DPT, vaksin DTaP ini dinilai lebih aman untuk digunakan. Vaksin ini aman digunakan karena berdasarkan hasil penelitian, vaksin DTaP dapat mengurangi berbagai macam efek samping seperti rasa sakit, kulit kemerah-merahan, dan demam sebesar 90%.

Namun, karena lebih aman daripada vaksin DPT, harga vaksin DTaP ini lebih mahal dibandingkan vaksin DPT.

Selain harganya, ternyata vaksin DTaP ini memiliki kekurangan lain Bunda. Berdasarkan beberapa hasil penelitian, vaksin DTaP tidak seefektif vaksin DPT dalam memberi imunitas untuk tubuh.

Mengapa vaksin DTaP tidak seefektif vaksin DPT? Karena antigen vaksin DTaP yang lebih sedikit ternyata kurang mampu untuk menghadapi turunan patogen yang menyebabkan penyakit.

Vaksin DTaP ini dikembangkan di Jepang pada tahun 1981.

Masih ada informasi lain Bun seputar vaksin DTaP ini, simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)
  • Imunisasi adalah proses pembentukan sistem imun tubuh, agar kebal terhadap penyakit tertentu.
    Imunisasi
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Imunisasi Dasar Lengkap di Masa Pandemi Wajib Dilakukan Anak Sebagai Upaya Cegah Berbagai Penyakit