Sukses

Parenting

Kenali Virus Penyebab Penyakit Cacar Air

Ladies, semua orang pasti sudah tak asing lagi dengan penyakit cacar air. Penyakit cacar air merupakan penyakit menular yang biasa ditularkan seseorang kepada orang lain secara langsung. Cacar air dikenal juga dengan nama lainnya yaitu varisela dan chickenpox.

Penyebab dari penyakit cacar air seperti halnya dilansir pada situs ncbi.nlm.nih.gov, adalah virus yang bernama virus varicella zoster yang disebarkan manusia melalui cairan percikan ludah maupun dari cairan yang berasal dari lepuhan kulit orang yang menderita penyakit cacar air.

Perlu Anda ketahui juga, seperti dijelaskan pada situs medical-dictionary.thefreedictionary.com, virus varicella zoster ini termasuk genus Orthopoxvirus, yang Poxviridae keluarga, dan chordopoxvirinae subfamili. Variola adalah virus berbentuk bata besar berukuran sekitar 302-350 nanometer dengan 244-270 nm, dengan DNA beruntai tunggal linear ganda kilobase genom 186 pasang (kbp) dalam ukuran dan berisi loop jepit rambut pada tiap ujungnya.

Dua varietas klasik dari cacar variola besar dan variola minor. Relatif virus terdekat adalah moluskum kontagiosum, yang, seperti cacar, menginfeksi manusia saja. Namun, tidak seperti spesies variola, infeksi moluskum jinak.

Nah, infeksi virus ini akan menyerang setiap orang baik anak-anak maupun sudah dewasa yang belum mengalami penyakit cacar air, namun jika seseorang sudah mengalami cacar air tubuhnya akan kebal terhadap serangan infeksi virus ini. Akan tetapi, seseorang yang terkena kontaminasi virus cacar air varicella zoster ini dapat menyukseskan penyebaran penyakit cacar air kepada orang lain di sekitarnya mulai dari munculnya lepuhan di kulitnya sampai dengan lepuhan kulit.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading