Sukses

Parenting

Menangani Bayi Demam

Perawatan yang tepat pada bayi demam wajib dilakukan agar kondisi si kecil tidak malah semakin buruk. Perlu para Bunda ketahui bahwa merawat demam pada bayi berbeda dengan merawat demam pada anak yang sudah agak besar.

Dalam hal ini, Bunda sebaiknya mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan untuk meredakan demam si kecil.

Dalam mengobati demam pada adik imut yang baru lahir, sebaiknya Bunda jangan memberikan obat tanpa petunjuk penggunaan oleh dokter. Hal ini sangat berbahaya karena Bunda belum mengetahui dosis yang tepat untuk kondisi si kecil.

Bunda harus membawa si kecil ke dokter terlabih dahulu mengingat usia buah hati yang masih sangat kecil. Oleh dokter, Bunda akan disarankan untuk memberikan acetaminophen pada si kecil. tentunya dengan dosis yang sudah disesuaikan.

Dalam masa penyembuhan, Bunda boleh menyusui si kecil ataupun memberikan si kecil susu formula selama si kecil bisa menerimanya dengan baik.

Namun, seperti diingatkan melalui laman aboutkidshealth.ca, jika si kecil mulai menunjukkan tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering, pipis kurang dari enam kali per hari, menangis tanpa mengeluarkan air mata, serta mata dan ubun-ubun yang mengalami pembekakan, Bunda perlu memberikan cairan elektrolit untuk memenuhi kebutuhan cairan si kecil.

Bunda bisa memberikan cairan elektrolit di sela-sela waktu menyusu anak dan atau mengganti susu dengan cairan tersebut. Tentunya, akan jauh lebih baik jika Bunda mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter terlebih dahulu.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading