Sukses

Parenting

Kenali dan Basmi Kutu Pada Anak!

Si buah hati tertular kutu saat bermain bersama teman – temannya? Jangan terburu – buru paranoid dulu Moms, siapa tahu saja itu bukan kutu. Anda harus mengetahui dan mengenali gejala yang terjadi pada si buah hati saat mereka memang benar – benar dihinggapi kutu.

Maka Anda baru bisa melakukan langkah selanjutnya untuk membasmi kutu yang ada pada anak Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengenali dan membasmi kutu pada si buah hati.

Seperti yang dilangsir dari situs diyfather.com ada beberapa gejala yang akan ditunjukkan oleh buah hati Anda saat rambut mereka dijangkiti kutu. Yang pertama adalah gejala yang sangat umum terlihat yakni menggaruk – garuk kepala. Saat frekuensi menggaruk kepala tampak semakin sering maka Anda harus dapat memeriksanya dengan cara melihat kepala si buah hati.

Jika memang Anda menemui benda putih seperti garam yang menempel pada rambut anak maka kemungkinan memang ada kutu di rambut si kecil. Anda juga perlu memastikan dengan mencari wujud kutu di kepala si kecil. Karena bisa saja benda putih yang Anda sangka sebagai telur kutu sebenarnya hanyalah kotoran yang menempel di rambut anak.

Setelah itu, coba cek bagian leher dan belakang telinga. Jika Anda menemukan bercak merah, maka sudah pasti kutu ada di rambut si buah hati.Setelah Anda menemukan seluruh langkah yang telah disebutkan di atas, maka lakukanlah penyembuhan dengan segera.

Jangan ditunda! Karena kutu akan dengan cepat bekembang biak jika tidak segera dilakukan pembasmian. Cara pembasmian kutu bisa dilakukan dengan berbagai macam cara mulai dari cara tradisional hingga cara cepat.

Cara tradisionalnya ada dengan cara menggosok – gosok rambut anak setelah keramas dengan handuk putih. Biasanya kutu akan menempel pada handuk putih tersebut dan anda bisa membasminya satu per satu.

Namun dengan menggunakan cara tersebut hanya akan ada sedikit kutu yang menempel pada handuk sehingga cara tersebut belum maksimal. Cara lainnya adalah dengan cara menyisir rambut anak dengan sisir yang sangat rapat (sisir Cina).

Biasanya kutu akan jatuh saat sisir tersebut sudah mencapai ujung rambut. Sediakan kain putih untuk mengumpulkan kutu – kutu yang berjatuhan sehingga jutu tersebut tidak pergi kemana – mana, lalu basmi kutu tersebut hingga mereka habis. Cara ini akan membuahkan hasil jika dilakukan terus menerus dan rutin.

Jika ingin cara yang lebih cepat, Moms bisa menggunakan obat pembasmi kutu yang bisa dijual di apotik. Namun Anda harus hati – hati dalam memilih obat. Beberapa obat mengandung bahan yang agak keras sehingga salah – salah akan membuat kulit kepala si buah hati jadi terluka.

Konsultasikan pada apoteker atau dokter kulit sebelum menggunakan obat – obatan ini. Yang terpenting adalah ketelatenan dan usaha yang dilakukan terus menerus hingga rambut anak benar – benar bebas dari kutu.

Oleh : Apreel Linda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading