Sukses

Parenting

Cara Mencegah Anak Dari Pola Makan Tidak Sehat

Apakah anak Anda gemuk? Mungkinkah ia terkena obesitas? Memang banyak sekali yang menganggap bahwa kegemukan merupakan sebuah tanda bahwa anak Anda sehat. Namun tidakkah Anda berfikir bahwa itu juga akan berbahaya bagi kesehatan si buah hati?

Tidak ada orangtua yang ingin anaknya sakit dan kurang gizi. Maka dari itu salah satu usaha dari para orangtua adalah dengan membuat anaknya makan dengan lahap. Namun Moms, pola makan yang berlebihan dan tidak dijaga juga akan membuat anak Anda berada dalam masalah.

Pola makan yang tidak sehat, seperti yang dilansir dari laman www.ahaparenting.com, merupakan hal yang buruk bagi setiap orang, terutama buah hati Anda. Karena dengan demikian, di dalam tubuh anak Anda akan terdapat berbagai banyak penyakit yang tidak dapat kita duga. Berikut ini adalah beberapa cara agar dapat mencegah anak dari pola makan yang tidak sehat.

Buang Jauh – Jauh Junk Food
Junk Food merupakan makanan yang memberikan efek ketagihan pada siapa saja yang memakannya terutama pada anak – anak. Langkah pertama yang harus Anda tempuh agar anak sehat adalah dengan membuang jauh – jauh makanan – makanan tersebut. Makanan yang manis seperti cake juga tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi. Sesekali memakan junk food dan makanan manis tidak masalah asalkan jangan terlalu berlebihan.

Biasakan Makan Buah dan Sayur
Buah dan sayur sangatlah baik bagi kesehatan anak – anak Anda. Jika sedari kecil anak – anak sudah dibiasakan untuk menyukai buah – buahan dan sayur mayur, maka hal itu nantinya akan menjadi kebiasaan yang baik.

Karena makanan kesukaan anak – anak akan cenderung kepada makanan yang biasa mereka makan. Jika anak – anak sudah biasa makan makanan yang tidak sehat sejak kecil maka lambat laun makanan – makanan tersebut akan menjadi makanan favoritnya. Begitu jugalah nantinya jika anak – anak sudah terbiasa makan sayur dan buah.

Biasakan Berolahraga
Olahraga sangat penting juga untuk menjaga badan tetap fit. Seperti makanan, olahraga yang teratur juga sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan anak Anda.

Berikan anak Anda pengertian jika dengan berolahraga tubuh akan tetap sehat dan sekaligus membuat ia menjadi lebih bahagia. Dorong anak Anda agar menyukai kegiatan berolahraga. Karena selain sangat baik untuk pertumbuhan badan, olahraga juga sangat baik untuk pertumbuhan otaknya.

Kurangi Stress pada Anak
Terkadang anak – anak yang sedang tertekan atau stres akan cenderung memiliki pola makan yang tidak teratur. Ada yang malas makan sampai – sampai berat badannya turun drastis, tapi ada juga yang malahan lebih bernafsu makan ketika mereka sedang tertekan.

Hal inilah yang perlu diwaspadai oleh para orangtua. Jika Anda melihat tanda – tanda bahwa anak sedang tertekan maka usahakan agar Anda dapat membantu mengurangi rasa tertekannya.

Oleh: Apreel Linda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading