Sukses

Parenting

Kenali Macam-Macam Masalah Makan Anak

Sebagai orang tua, ladies tidak bisa selalu expect bahwa buah hati anda selalu mau makan. Akan selalu ada saatnya di mana si kecil susah makan. Eits, jangan kuatir dulu. Jangan langsung terburu-buru takut ketika mendapati buah hati anda susah makan. Selama pertumbuhan dan perkembangannya normal, that’s okay.

Seperti menurut laman webmd.com, berikut ini adalah macam-macam masalah makan yang biasanya dimiliki oleh bayi dan balita.

Pertama, bayi dan balita tidak mau makan. Ada banyak alasan mengapa buah hati anda tidak mau makan. Beberapa di antaranya adalah mereka masih kenyang, capek, sakit, atau bahkan simply karena belum tiba jam makan mereka. Ladies tidak perlu kuatir ketika si kecil menolak makanan yang anda berikan. The point is, si kecil akan makan jika mereka merasa lapar.

Ketika si kecil menolak makanan yang anda berikan, jangan memaksa mereka sebab hal ini bisa menjadi “arena fighting” untuk anda dan buah hati. Jangan lupa memaksa si kecil makan jika mereka sudah menutup mulutnya setelah beberapa sendok—anak tahu kapan mereka kenyang dan masih lapar.

Masalah kedua yang umumnya dialami oleh si kecil adalah mereka menolak jenis makanan baru. Hal ini umumnya terjadi ketika ladies sedang berusaha untuk memberikan makanan pendamping ASI. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya jika anda membuat makanan baru tersebut menyerupai dengan makanan yang biasa dimakan si kecil. Kenalkan jenis makanan baru tersebut ketika jam makan buah hati tiba. Jika mereka menolak, that’s okay, anda bisa mencobanya lagi besok.

The point is, ladies harus bersabar dalam mengenalkan makanan baru ini. Anda tidak bisa expect bahwa pada first trial si kecil akan langsung suka dengan makanan baru yang masih asing tersebut.

Masalah lain seputar makan yang juga sering dialami oleh bayi dan balita adalah picky eater, alias memilih-milih makanan. Buah hati anda mungkin hanya mau disuapi makanan A dan menolak mentah-mentah makanan B. Ada banyak alasan mengapa mereka menjadi picky eater; di antaranya adalah buah hati sedang tumbuh gigi, capek, atau belum siap dengan makanan padat.

Terakhir, bermain-main dengan makanan. Biasanya di usianya yang mencapai 6 bulan, bayi anda akan meminta untuk makan sendiri. Namun, biasanya pula makanan ini berubah menjadi arena bermain mereka; buah hati cenderung untuk bermain dan membuang makanannya. Hal ini normal dan anda tidak perlu memarahi mereka. This is the part of their growth and development.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading