Sukses

Parenting

Tips Meredakan Gejala Flu pada Anak

ringkasan

  • Beri Banyak Air Minum dan Tidur Cukup
  • Berikan Sup Ayam yang Hangat
  • Baluri Tubuh Anak dengan Minyak Kayu Putih dan Bawang Merah

Fimela.com, Jakarta Gejala flu bisa ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat, nyeri pada tulang, bersin-bersin, tenggorokan yang terasa sakit saat menelan, mula, pusing, dan perut kembung. Pada anak, gejala-gejala tersebut bisa membuatnya rewel. Semakin cepat gejala flu ditangani, maka akan semakin baik.

Untuk meredakan gejala-gejala flu ringan pada anak, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Seperti tips-tips berikut ini.

1. Beri Banyak Air Minum dan Tidur Cukup

Dilansir dari webmd.com, untuk membuat anak merasa nyaman saat mengalami gejala flu, kita perlu memberinya banyak air minum. Usahkan si kecil juga mendapat tidur yang cukup. Fokuslah untuk membantu anak bisa berisitirahat total agar bisa lekas sembuh.

2. Berikan Sup Ayam yang Hangat

Makanan berkuah hangat bisa membuat tubuh lebih nyaman. Berikan sup ayam hangat pada anak, khususnya bila anak mengalami gejala mual atau perut kembung. Kandungan protein dari daging ayam bisa membantu mempercepat proses pemulihan tubuh. Selain itu, sensasi hangat dari kuah sup dapat memberi kenyamanan tersendiri pada anak.

3. Baluri Tubuh Anak dengan Minyak Kayu Putih dan Bawang Merah

Gejala flu dan masuk angin bisa diatasi dengan bawang merah dan minyak kayu putih. Ambil beberapa butir bawang putih lalu geprek, kemudian campurkan dengan minyak kayu putih. Baluri tubuh anak pada area perut dan punggung dengan minyak kayu putih dan bawang merah tersebut. Tapi bila anak khawatir anak kurang nyaman dengan panas yang dihasilkan bawang merah, kita bisa cukup menggunakan minyak kayu putih saja. Minyak kayu putih bisa dioleskan pada lipatan kaki, leher, dan perut untuk membantu mengeluarkan angin dari dalam tubuh.

4. Beri Baju yang Longgar dan Selimut Hangat

Jaga suhu tubuh anak dengan memberinya selimut. Agar sirkulasi tubuhnya tetap lancar, beri ia baju yang longgar dan dapat menyerap keringat. Ketika anak bisa merasa benar-benar nyaman, maka proses pemulihannya bisa lebih cepat.

Bila anak mengalami sesak napas, kulitnya berubah pucat, tubuhnya sangat lemas, dan mengalami dehidrasi, sebaiknya segera bawa ke dokter. Pemberian obat pada anak pun harus dengan arahan dan resep dokter, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Serba-Serbi Tentang Madu Manuka yang Lebih Mahal dari Jenis Lainnya
Artikel Selanjutnya
Praktikkan 6 Fungsi Baking Soda untuk Kecantikan dan Kesehatan