Sukses

Parenting

4 Manfaat Popok Clodi untuk Digunakan Sehari-hari

ringkasan

  • Mencegah Risiko Terjadinya Iritasi pada Kulit Bayi
  • Lebih Hemat
  • Mempermudah Anak Belajar Buang Air yang Benar

Fimela.com, Jakarta Istilah clodi sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Popok kain atau cloth diapers yang lebih populer disebut clodi merupakan popok kain yang dalam penggunaannya bisa dipakai berkali-kali karena bisa dicuci kering. Banyak ibu yang memilih popok jenis ini karena manfaat popok clodi dinilai lebih unggul dibandingkan popok sekali pakai.

Manfaat popok clodi bagi bayi pun bisa dilihat dari segi kesehatan dan keamanan. Selengkapnya, mari kita ungkap empat manfaat paling utama dari penggunaan popok clodi ini.

1. Mencegah Risiko Terjadinya Iritasi pada Kulit Bayi

Popok sekali pakai (disposable diapers) bisa memicu ruam popok dan membuat kulit bayi iritasi. Sedangkan popok clodi yang terbuat dari bahan yang lebih lembut bisa mengurangi risiko iritasi kulit pada bayi. Popok clodi yang terbuat dari bahan lembut dan bisa menjaga tetap bernapas dengan baik dengan sirkulasi udara yang bagus dapat digunakan untuk kenyamanan si kecil.

2. Lebih Hemat

Karena bisa dicuci, kering, dan pakai, popok clodi bisa membuat kita lebih hemat. Ukuran popok clodi juga bisa disesuaikan. Sehingga saat bayi semakin bertumbuh besar, popok clodi bisa disesuaikan dengan kenyamanan si kecil. Hal ini membuat kita lebih menghemat biaya.

 

3. Mempermudah Anak Belajar Buang Air yang Benar

Toilet training atau melatih anak untuk buang air dengan baik dan benar memang butuh kesabaran. Bila anak terlalu lama terbiasa menggunakan popok sekali pakai, nantinya akan membuat kita kesulitan melatihnya buang air yang benar. Bila kita sudah membiasakan anak menggunakan popok clodi, kita akan lebih mudah membantu anak buang air dengan baik dan benar. Sebab saat menggunakan popok clodi, anak bisa lebih mudah menyadari waktu perlu ke kamar mandi ketika celananya basah.

4. Lebih Ramah Lingkungan

Bayangkan bila kita menggunakan popok sekali pakai setiap hari. Bila dalam sehari kita menggunakan tiga popok, maka pada saat yang sama kita menghasilkan tiga sampah baru. Berbeda bila kita menggunakan popok clodi. Karena popok clodi bisa dipakai beberapa kali dan lebih tahan lama, maka kita bisa mengurangi tumpukan sampah. Sehingga bisa lebih ramah lingkungan.

Memang kita akan sedikit kerepotan saat menggunakan popok clodi. Sebab harus mencuci dan mengeringkannya setiap kali selesai dipakai. Dengan mengetahui empat manfaat popok clodi di atas, semoga bisa jadi referensi yang bermanfaat dalam memilih jenis popok yang tepat untuk buah hati tercinta kita.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading