Sukses

Parenting

Cara Mengatasi Keputihan yang Gatal Berlebihan Saat Hamil Secara Alami dan Cepat

Fimela.com, Jakarta Hampir semua perempuan pernah mengalami keputihan. Keputihan yang terjadi pada Miss V sebenarnya adalah hal yang normal. Hal ini menandakan bahwa dinding Miss V dan leher rahim masih memproduksi cairan yang berguna untuk menjaga area intim tetap sehat.

Normalnya, keputihan berwarna putih seperti susu kental manis atau bening. Jika warnanya mulai berubah, bisa jadi keputihan yang dialami sudah tidak normal. Selain itu, keputihan yang tidak normal biasanya juga berbau dan menyebabkan rasa gatal. Tentunya hal ini membuat kepercayaan diri menurun.

Kalau sudah begitu, keputihan harus segera diatasi, karena jika tidak, keputihan akan berubah menjadi penyakit yang membahayakan. Lalu bagaimana cara mengatasi keputihan? Simak selengkapnya.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dan Cepat

Keputihan biasanya disebabkan oleh parasit, infeksi virus, jamur, dan bakteri. Namun, tak perlu terburu-buru panik. Kami bisa mengatasi keputihan dengan cepat menggunakan bahan-bahan alami. Berikut cara mengatasi keputihan secara alami dan cepat.

Cara mengobati keputihan dengan bawang putih

Selain untuk menyedapkan rasa masakanmu, ternyata bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi keputihan. Bawang putih mengandung antibakteri dan antiseptik yang bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab keputihan. Konsumsilah bawang putih secara rutin minimal 1 siung per hari untuk mengatasi keputihan.

Cara mengobati keputihan dengan daun sirih

Daun sirih memang sudah terkenal dapat merawat dan menjaga organ intim kewanitaan. Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung antioksidan, antibakteri, and antiseptik yang baik untuk organ intim kamu.

Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih cukup mudah:

  1. siapkan beberapa helai daun sirih
  2. rebus dalam air secukupnya
  3. kemudian gunakan air hasil rebusan tadi untuk membersihkan organ intim kewanitaanmu.

Cara mengobati keputihan dengan cuka apel

Cuka apel juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi keputihan, karena cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH, meningkatkan bakteri baik, serta mencegah organ kewanitaan.

Cara mengatasi keputihan dengan cuka apel yaitu:

  1. siapkan cuka apel, madu, dan segelas air
  2. campur cuka apel dengan madu secukupnya kedalam segelas air
  3. konsumsi secara rutin satu gelas per hari.

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Saat masa kehamilan, leher rahim dan dinding vagina menjadi lebih lembut dari biasanya sehingga menyebabkan produksi lendir vagina menjadi lebih banyak dan mengakibatkan keputihan. Oleh karena itu, berikut cara mengatasi keputihan saat hamil.

Sering mengganti pakaian dalam

Biasakan untuk mengganti pakaian dalam lebih sering dari biasanya. Hal ini untuk menjaga area organ intim agar tetap kering dan bersih. Dengan begitu, kemungkinan untuk mengalami keputihan akan lebih kecil.

Menggunakan pakaian dalam berbahan lembut

Bagi ibu hamil, menggunakan pakaian dalam yang tidak ketat serta berbahan lembut seperti katun dapat menjadi pilihan. Bahan katun dapat lebih menyerap keringat serta lebih sejuk di kulit.

Cara Mengatasi Keputihan Gatal

Keputihan sering kali menimbulkan rasa gatal. Tentunya hal ini sangat mengganggu. Untuk itu, segera atasi dengan cara berikut.

Jaga kelembapan organ intim

Kelembapan organ intim kewanitaan akan sangat memengaruhi kadar pH di dalamnya. Adapun kadan pH yang ideal adalah 3,5. Dengan menjaga kelembapannya, maka kemungkinan untuk mengatasi keputihan dan rasa gatal pun akan lebih besar.

Jaga kebersihan organ intim

Selalu menjaga kebersihan organ intim dapat menjadi cara mengatasi keputihan dan rasa gatal yang timbul. Oleh karena itu, kamu harus lebih sering membersihkan organ intim agar tidak menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab keputihan.

Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan

Hindari seks bebas

Sering melakukan seks bebas dapat meningkatkan resiko untuk kamu mengalami keputihan yang berlebihan. Jika dibiarkan, kemungkinan terburuknya bakteri tersebut dapat berkembang menjadi kanker serviks. Maka disarankan untuk tidak melakukan hubungan intim selain dengan pasangan resmi.

Hindari stress

Saat stres atau sedang banyak pikiran, hormon tubuh bisa mengalami gangguan salah satunya dapat menimbulkan keputihan yang berlebihan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari stress agar terhindar dari keputihan.

Cara Mengatasi Keputihan Berbau

Munculnya keputihan disertai bau amis (fishy odor) sering kali membuat minder. Berikut kami beri cara mengatasi keputihan berbau yang dapat kamu coba dirumah.

Cara mengatasi keputihan dengan tea tree oil

Tea tree oil mengandung antibakteri yang bisa membunuh bakteri serta kuman penyebab bau amis akibat keputihan.

Cara memakainya:

  1. encerkan beberapa tetes tea tree oil bersama 1 sdm minyak kelapa murni
  2. tambahkan keduanya ke dalam air hangat, gunakan itu untuk membilas organ kewanitaan
  3. terus lakukan hingga aroma amisnya hilang.

Cara mengatasi keputihan dengan minyak kelapa

Minyak kelapa juga mengandung antibakteri dan asam lemak yang dapat mengurangi radang serta membunuh penyebab infeksi. Hasil riset dalam Journal of Medicinal Food bahkan mendapati minyak ini efektif melawan berbagai jenis bakteri termasuk penyebab keputihan.

Cara memakainya adalah:

  1. hangatkan lebih dulu minyak kelapa murni
  2. lalu tambahkan 3 tetes tea tree oil
  3. rendam tampon ke dalamnya, lalu masukkan dalam organ kewanitaan
  4. diamkan selama 2 jam lalu keluarkan tampon.

Cara Mengatasi Keputihan dengan Yogurt

Selain dikonsumsi, yogurt mentah juga dapat dioleskan ke organ intim untuk mengatasi keputihan berbau amis.

Caranya:

  1. rendam tampon dalam yogurt murni tawar
  2. diamkan tampon dalam vagina selama 2 jam
  3. Lakukan 2 kali sehari hingga baunya hilang.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Loading