Sukses

Parenting

Trik Menjaga Kebersihan Rumah yang Nyaman untuk Bayi Baru Lahir

Fimela.com, Jakarta Setelah Anda menjadi orang tua, banyak perawatan ekstra diperlukan untuk menjaga rumah Anda bebas kuman agar bayi Anda tetap sehat.

Bayi memiliki kekebalan yang sangat lemah dan melindungi mereka dari kuman bisa sangat efektif dalam mencegah mereka dari penyakit. Dan begitu dalam membersihkan rumah Anda sebelum kedatangan bayi baru adalah cara yang baik untuk memastikan semuanya rapi dan bersih.

Jadi, apakah tanggal kelahiran Anda sudah dekat atau Anda baru melahirkan, bersihkan dan desinfeksi rumah mu agar nyaman untuk bayi dengan bantuan tips berikut ini seperti dilansir dari situs Boldsky, Jumat (17/1/2020).

1. Menargetkan area inti

Produk pembersih dan obat-obatan harus dijauhkan dari pandangan dan jangkauan bayi, menurut American Academy of Pediatrics. Gunakan desinfektan untuk membersihkan lantai, dapur, dan kamar mandi. Meja dapur dan tikar lantai harus dijaga kebersihannya dan bebas kuman.

2. Tinggalkan sepatu Anda di luar

Membiarkan sepatu Anda di dalam dapat membawa banyak bakteri dan kuman ke dalam rumah. Bahkan jika tamu berkunjung, minta mereka meninggalkan sepatu mereka di luar untuk memastikan lantai terlindungi dan kuman ditinggalkan di luar.

 

3. Biarkan jendela Anda terbuka

Semakin banyak ventilasi di dalam kamar Anda, semakin baik kualitas udaranya, yang terutama diperlukan pada bayi yang baru lahir. Kamar Anda perlu memiliki sirkulasi udara yang baik karena penelitian menunjukkan bahwa bayi muda yang tidur di kamar tidur dengan kipas memiliki risiko lebih rendah mengalami sindrom kematian bayi mendadak dibandingkan dengan bayi yang tidur di kamar yang kurang berventilasi.

4. Bersihkan permukaan dapur

Setiap hari bersihkan permukaan dapur dan cuci dengan desinfektan. Selain itu, gunakan desinfektan segera setelah Anda menyiapkan ikan mentah, unggas, atau daging untuk membatasi penyebaran bakteri. Juga membersihkan lantai dapur dengan kain pel atau permadani adalah penting.

 

5. Jaga kebersihan kamar mandi Anda

Kamar mandi adalah salah satu area yang paling banyak mengandung kuman di rumah. Jadi bersihkan atau disinfeksi setiap sudut kamar mandi. Selalu gunakan sandal setiap kali Anda menggunakan kamar mandi.

6. Kenakan sarung tangan Anda saat membersihkan debu

Kenakan sarung tangan Anda saat membersihkan atau membersihkan furnitur Anda. Karena setelah kehamilan kulit Anda terlalu sensitif dan membersihkan benda-benda dengan tangan kosong dapat menyebabkan iritasi. Anda juga mungkin berisiko memindahkan kuman ke bayi Anda jika tangan Anda tidak bersih. Dengan cara ini, Anda dapat melindungi bayi dari kuman.

Memiliki rumah yang bebas kuman dan bersih sangat penting ketika Anda membawa bayi Anda yang baru lahir. Bahkan mainan atau benda lain yang mereka mainkan harus bersih. Jadi, tips ini bisa berguna ketika Anda menyambut bayi Anda yang baru lahir.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading