Sukses

Parenting

Panduan #DiRumahAja Bersama Anak di Masa Social Distancing, Apa yang Perlu Disiapkan?

Fimela.com, Jakarta Masa karantina diri di rumah masih berlangsung sampai hari ini dan nggak ada yang bisa memprediksi kapan situasi akan kembali normal. Bagi para ibu, hal ini bisa jadi tantangan tersendiri, apalagi jika anak sudah mulai jenuh berada di rumah aja. Sebagian dari anak-anak mungkin sudah mulai merengek ingin bermain di luar rumah seperti yang dulu sering dilakukan secara rutin.

Hmm, wajar sih kalau ibu mulai kebingungan menghadapi kondisi ‘the new normal’ seperti sekarang ini. Tapi, di rumah aja bisa tetap seru bersama anak kok. Ini dia beberapa panduan yang bisa dicoba dalam menjalani masa karantina diri di rumah bersama anak. Yuk, coba segera lakukan persiapan!

Buat List Aktivitas Harian Bersama Anak

Biar anak nggak bosan selama di rumah aja, ibu bisa menyiasatinya dengan membuat jadwal aktivitas harian yang akan dilakukan bersama buah hati. Sambil menjelaskan dengan sederhana mengapa kalian tidak bisa jalan-jalan atau liburan di luar rumah, diskusikan bersama anak tercinta apa saja yang ingin dilakukan selama momen di rumah aja. Misalnya, permainan apa yang ingin dilakukan hari ini, kapan waktunya belajar, kapan anak boleh bermain gadget, dan lain sebagainya. Jadi, nggak perlu lagi bingung mau melakukan apa saat menemani anak di rumah.

Sulap Salah Satu Ruangan Jadi Playground Seru

Salah satu cara menyiasati agar anak nggak bosan di rumah adalah menyulap salah satu ruangan menjadi playground seru untuknya. Misalnya kamar anak yang juga menjadi tempat bermain menyenangkan di dalam rumah. Sesuaikan dengan permainan yang dilakukan, seperti ketika sedang bermain kemah di dalam rumah, kamu bisa mendirikan tenda kecil di dalam kamarnya untuk menghidupkan imajinasi si kecil. Dengan adanya ruang bermain tematik ini, si kecil bisa lebih nyaman dan betah melalui momen di rumah saja.

Ajak Anak Berjemur Setiap Pagi

Berada di dalam rumah saja, wajar jika menimbulkan rasa jenuh dalam diri anak. Untuk mengatasi rasa bosan ini, nggak ada salahnya mengajak anak berjemur di depan rumah, misalnya teras atau halaman supaya ia bisa tetap menikmati dunia luar. Selain itu, berjemur juga baik untuk merangsang tubuh memproduksi vitamin D yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak di masa karantina.

Jangan Lupa Siapkan Berbagai Essential Kits Anak Selama #DiRumahAja

Demi meningkatkan kenyamanan anak selama #DiRumahAja, jangan lupa siapkan berbagai essential kits atau perlengkapan yang pastinya dibutuhkan anak. Jadi, jika tiba-tiba anak membutuhkan sesuatu, ibu nggak perlu bingung keluar rumah untuk mencarinya. Buat daftar barang yang wajib ada dalam essential kits anak. Misalnya saja masker, termometer, hingga obat-obatan darurat sesuai protokol kesehatan yang berlaku saat ini.

Jangan lupa biasakan anak mencuci tangan secara rutin dengan air dan sabun. Sediakan juga gel pembersih tangan atau hand sanitizer yang bisa digunakan saat keadaan darurat ketika tidak ada air dan sabun. Pilih gel pembersih tangan yang aman untuk keluarga. Misalnya saja Konicare Gel Pembersih Tangan dengan kandungan alkohol sebagai bahan antiseptik yang efektif membersihkan tangan dari kuman dan debu, serta kandungan pelembab alami ekstrak avocado yang menjaga tangan tetap halus dan lembut.

Selanjutnya, minyak telon dan minyak kayu putih juga wajib masuk dalam essential kits anak selama di rumah aja untuk menghangatkan tubuh dan menghadirkan kenyamanan yang dibutuhkan anak. Untuk bayi usia 0-2 tahun, Konicare Minyak Telon Plus berkhasiat memberikan rasa hangat pada tubuh bayi, meredakan perut kembung dan masuk angin. Dengan kandungan alami lavender dan geranium yang dapat menghindarkan dari gigitan nyamuk atau serangga efektif selama 8 jam. Formulanya juga harum alami tanpa tambahan parfum dan pastinya halal. Konicare Minyak Telon Plus hangat, wanginya bayi banget!

Sementara itu, untuk anak usia 2 tahun ke atas bisa menggunakan Konicare Minyak Kayu Putih Plus untuk menghangatkan badan, meredakan gatal akibat gigitan serangga, serta meredakan gejala masuk angin seperti kembung dan mual. Konicare Minyak Kayu Putih Plus ini juga mengandung lavender dan geranium yang melindungi dari gigitan nyamuk hingga 8 jam, harum alami tanpa tambahan parfum, dan halal. Temukan informasi tentang produk Konicare lainnya dengan klik di sini.

Dengan berbagai persiapan yang dilakukan, menjalani momen karantina diri di rumah bersama anak bisa terasa lebih menyenangkan. Anak senang, ibu pun bebas stres dalam menjalani hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading