Sukses

Parenting

Ini Lho Tanda Kehamilan Sehat di Setiap Trimesternya, Biar Nggak Gampang Percaya Mitos yang Ada

Fimela.com, Jakarta Kehamilan jadi pengalaman yang luar biasa buat para calon Mama mana pun. Namun, banyaknya perubahan fisik yang terjadi di masa ini seringnya membuat para Mama merasa bingung. Apalagi ada beragam pendapat dari orang-orang di sekitar yang membuat Mama semakin galau harus percaya dengan yang mana. Sebenarnya kondisi yang sedang dialami ini normal nggak sih?

Penting buat para calon Mama mencari tahu fakta seputar kehamilan yang sehat di tiap trimesternya, supaya nggak mudah percaya dengan mitos yang ada. Apa saja yang perlu kamu ketahui?

Trimester Pertama

Masa awal kehamilan biasanya ditandai dengan morning sickness, yaitu kondisi mual dan muntah yang hanya terjadi di pagi hari sehingga membuat Mama jadi sulit makan. Perubahan fisik pun mulai terjadi, seperti payudara yang nyeri, mudah merasa lelah, sering pusing dan sensitif dengan aroma tertentu. Beberapa kondisi juga membuat Mama sering buang air kecil dan sembeli. Nggak perlu panik karena ini merupakan gejala yang normal.

Tapi, Mama perlu waspada jika berat badan tidak mengalami kenaikan di akhir trimester pertama. Konsultasi dengan dokter kandungan sangat penting agar janin mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Jangan lupa lakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui perkembangan anatomi janin.

Trimester Kedua

Akhirnya trimester pertama berhasil dilalui. Memasuki masa trimester kedua, biasanya kondisi Mama lebih nyaman karena mual dan muntah jauh berkurang. Normalnya terjadi kenaikan berat badan sekitar 0,5 hingga 1kg per minggunya. Perut dan payudara juga semakin membesar, nggak jarang Mama sering merasa sesak napas karena paru-paru bekerja lebih keras. Jika mengalami keputihan ringan di masa trimester kedua, Mama tidak perlu panik karena hal ini sebenarnya cara tubuh bekerja mencegah infeksi bakteri.

Seiring dengan janin yang semakin bertumbuh, Mama juga dapat merasakan pergerakan janin yang kian pesat. Namun, jika yang dirasakan adalah pergerakan janin yang terus berkurang, sebaiknya Mama segera konsultasikan dengan dokter kandungan. Begitu pun jika keputihan yang dialami berwarna dan berbau atau tampak bercak bisa jadi pertanda kehamilan yang tidak sehat.

Trimester Ketiga

Trimester ketiga pastinya memunculkan harap-harap cemas bagi para calon orang tua mana pun untuk segera bertemu dengan buah hati. Di masa ini, Mama biasanya mengalami kenaikan berat badan hingga 5kg. Ada juga beberapa kondisi seperti pembengkakan kaki, varises, hingga kram adalah kondisi wajar yang biasanya dialami di usia kandungan trimester ketiga ini.

Yang perlu diperhatikan, seiring dengan kehamilan yang semakin tua, Mama perlu lebih rutin lagi memeriksakan kandungan. Hal ini penting untuk mengetahui apakah bayi tumbuh sehat dan normal.

Banyaknya perubahan fisik yang terjadi di masa kehamilan, sangat penting bagi Mama untuk mencari tahu fakta ilmiahnya daripada sekadar percaya mitos. Jika mengalami kebingungan, Mama bisa memanfaatkan layanan Nutriclub Expert Advisor. Ini dia layanan terbaru dari Nutriclub yang siap membantu Mama 24/7 yang punya berbagai pertanyaan seputar kehamilan.

Di Nutriclub Expert Advisor, Mama akan mendapatkan pendampingan dari sosok yang ahli dalam bidangnya, yaitu memiliki latar belakang pendidikan yang terkait dengan nutrisi dan kebidanan. Mereka juga seorang Mama sehingga bisa memahami kondisi Mama dan Papa selama menjalani masa parenthood.

Selain membantu pertanyaan seputar kehamilan dan menyusui, ada juga topik lain yang bisa didiskusikan bersama. Mulai dari Resilient Parenting, Stimulasi dan Tumbuh Kembang si Kecil, dan Nutrisi untuk si Kecil. Layanan ini bisa dimanfaatkan secara gratis.

Jika ingin melakukan konsultasi dengan Nutriclub Expert Advisor, Mama dan Papa bisa menghubungi nomor WhatsApp 0821 2000 100 atau 0800 1 360360 (toll free). Cari tahu selengkapnya tentang Nutriclub Expert Advisor dengan klik di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading